Pasukan Elite Kopasgat TNI AU Berhasil Jatuhkan Pesawat Tanpa Awak Saat Perhelatan KTT G20 di Bali

VIVA Militer: Prajurit Kopasgat jatuhkan drone liar di area perhelatan KTT G20
Sumber :
  • Kopasgat TNI AU

VIVA – Pasukan elite TNI Angkatan Udara dari satuan Batalyon Komando (Yonko) 466 Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) diam-diam berhasil melumpuhkan sebuah pesawat tanpa awak atau Drone Liar yang terbang di area pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung pada tanggal 15-16 November 2022 di Bali kemarin.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dinas Penerangan Kopasgat, Kamis, 17 November 2022, aksi jamming atau penurunan paksa Drone liar yang dilakukan oleh personel pasukan elite TNI AU itu terjadi pada hari Selasa, 15 November 2022, sekitar pukul 12.51 WITA.

Saat itu, prajurit Kopasgat dari satuan Yonko 466 Kopasgat yang tergabung dalam Satgasud PAM VVIP KTT G20 telah berhasil mendeteksi keberadaan sebuah drone liar di area selatan Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang menjadi salah satu tempat perhelatan KTT G20.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Kemudian, para Prajurit Pasopati TNI Angkatan Udara yang bertanggung jawab atas keamanan wilayah udara dalam perhelatan akbar KTT G20 bergerak cepat dengan mengawaki Multi Mission Mobile Communication System (M3CS) dan Anti Drone dengan melakukan jamming atau take down terhadap drone liar tersebut.

Pesawat tanpa awak atau drone liar itu pun akhirnya berhasil dilumpuhkan dalam jarak sekitar 3 kilometer dari lokasi perhelatan KTT G20 Bali.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

"Dengan kesigapan dan ketangkasan yang dimiliki oleh Prajurit Pasopati, akhirnya drone liar tersebut berhasil dilumpuhkan (take down)," tulis keterangan resmi Yonko 466 Kopasgat.

Untuk diketahui, sebelum pelaksanaan tugas PAM VVIP KTT G20, Danyonko 466 Kopasgat Letkol Pas Aguswono Prasetyo menegaskan kepada anak buahnya yang terlibat dalam Satgasud PAM VVIP KTT G20 Bali bahwa pelaksanaan tugas PAM VVIP KTT G20 ini merupakan tanggung jawab semua pihak, terutama prajurit Kopasgat yang merupakan insan Angkatan Udara. 

"Bukan hanya keamanan personil delegasi negara peserta KTT G20, namun keamanan wilayah udara nasional pada perhelatan konferensi internasional ini merupakan tanggung jawab TNI AU, khususnya Kopasgat," kata Danyonko 466 Kopasgat Letkol Pas Aguswono Prasetyo di hadapan prajuritnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya