Jadi Milik Kostrad TNI, Batalyon Infanteri 320 Badak Putih Resmi Pisah dari Kodam Siliwangi

VIVA Militer: Prajurit Yonif 320/Badak Putih sebelum pindah ke Kostrad.
VIVA Militer: Prajurit Yonif 320/Badak Putih sebelum pindah ke Kostrad.
Sumber :
  • Yonif 320 Badak Putih

VIVA – Komando Daerah Militer (Kodam) III/Siliwangi harus merelakan salah satu batalyon tempur andalannya untuk beralih komando pengendali (kodal).

Jadi, TNI Angkatan Darat baru saja mengalihkan komando pengendali Batalyon Infanteri 320/Badak Putih dari Kodam Siliwingi ke Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad).

Berdasarkan siaran resmi Dinas Penerangan TNI AD dilansir VIVA Militer, Rabu 23 November 2022, Yonif 320/Badak Putih dipastikan jadi milik Kostrad setelah dilaksanakan Peresmian Satuan Baru, Pembekuan dan Alih Kodal Satuan di Jajaran TNI AD yang diselenggarakan di Aula AH. Nasution, Mabesad.

"Dilaksanakan alih kodal dari Kodam Siliwangi ke Kesatuan Kostrad yaitu Yonif 320/Badak Putih menjadi Yonif Mekanis 320/Badak Putih Kostrad," kata Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasd) Letnan Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Untuk diketahui, Yonif 320/Badak Putih merupakan satuan infanteri tempur  yang lahir sejak 11 Mei 1962. Sebenarnya batalyon ini telah ada sejak 1960, cuma namanya masih Yonif 320/Badak Hitam Jayeng Rana.

Nama Badak Putih diambil dari nama Yonif 311/Badak Putih, Jonggol, Bogor yang telah dinonaktifkan. Yonif 320/Badak Putih telah beberapa kali pindah markas. Yang pertam di Serang, Banten. Lalu pindah ke Leuwiliang, Bogor. Dan baru akhirnya dipindah ke Cadasari, Pandeglang, Banten pada tahun 1975.

Setelah beralih kodal, Yonif Mekanis 320/Badak Putih tak lagi berada di bawah kendali Korem 064/Maulana Yusuf, tapi pindah ke Brigade Infanteri Mekanis 14/Mandala Yudha, Divisi Infanteri I Kostrad.