4 Pesawat Siluman F35 Asing Muncul di Bali, Ini Kata TNI AU

VIVA Militer: Pesawat tempur F35 milik Australia melintas di langit Pulau Bali
Sumber :
  • instagram

VIVA – Empat pesawat siluman F35 asing mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Kemunculan empat pesawat asing itu sempat membuat heboh jagad maya Indonesia. 

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Dalam rekaman video yang beredar, pesawat tempur yang disebut milik negara Australia itu sempat melakukan manuver terbang rendah dan mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. 

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah saat dikonfirmasi awak media membenarkan kehadiran empat jet tempur F-35 milik Australia itu di Pulau Dewata Bali.

Kelanjutan Nasib Hyoyon SNSD, Bomi Apink hingga Im Nayoung Pasca Paspornya Ditahan Imigrasi Bali

Menurut Indan, empat pesawat milik Angkatan Udara Australia atau Royal Australian Air Force (RAAF) itu melakukan transit di Indonesia dari Singapura setelah melaksanakan Latihan Elangroo bersama Malaysia

Selain empat pesawat F-35, lanjut Indan, terdapat juga satu pesawat C130 milik Angkatan Udara Australia sebagai pesawat pendukung yang turut melakukan transit di Lanud I Gusti Ngurah Rai, Bali. 

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

"Pesawat F35 tersebut merupakan bagian dari No.75 Squadron RAAF yang berhome base di RAAF Tindal AFB di Northern Teritoty. Pesawat RAAF tersebut transit di Bali dari Singapura setelah melaksanakan Latihan Elangroo bersama Malaysia," kata Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, Jum'at, 25 November 2022.

Indan menjelaskan, pesawat tempur Angkatan Udara Australia tersebut diijinkan untuk transit di Bali karena melakukan pengisian bahan bakar (Refeuling) atas persetujuan atau flight clearence yang dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia dalam hal ini, Kemlu RI dan Mabes TNI.

Dalam kesempatan tersebut, lanjut Indan, para penerbang jet tempur F35 itu juga melaksanakan interaksi dengan 25 personel Air Crew TNI Angkatan Udara dibawah pimpinan Letkol Pnb IGN Adi Brata. 

"Saat kedatangan transit di Bali, rombongan pesawat F35 dibawah pimpinan WGCDR Martin Parker (Danskad 75 RAAF) disambut oleh Komandan Lanud IGN Rai Kolonel Pnb Putu Sucahyadi," kata Indan.

"Kegiatan interaksi dengan Air Crew TNI AU tersebut adalah dalam rangka sharing informasi dan pengalaman dari Penerbang RAAF kepada TNI AU baik tentang penggunaan F35 maupun pemeliharaannya," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya