Peristiwa Bersejarah 10 Prajurit Candra Kusuma TNI Cium Markas Usai 13 Bulan di Belantara Papua

VIVA Militer: Danyonif 406/Candra Kusuma sambut kedatangan 10 satgas apter.
Sumber :
  • Yonif 406/Candra Kusuma

VIVA – Ada sebuah peristiwa bersejarah terukir di Markas Batalyon Infanteri 406/Candra Kusuma di Purbalingga, Jawa Tengah.

Dankodiklatal dan Panglima Armada Barat Tentara Laut Malaysia Buka Patkor Malindo di Selat Malaka

Jadi 10 prajurit TNI Yonif 406/Candra Kusuma kembali dengan selamat sampai ke markas setelah lebih dari satu tahun dikerahkan ke belantara Papua untuk melaksanakan operasi Satuan Tugas Aparat Teritorial (Apter).

Dari siaran resmi yang diterima VIVA Militer, Rabu 25 Januari 2023, 10 prajurit Yonif 406/CK, Komando Daerah Militer IV Diponegoro itu tiba di markas setelah menempuh perjalanan berkilo-kilo meter dari Papua ke Purbalingga.

Ancaman Panglima Jenderal Agus ke Prajurit TNI yang Terlibat Judi Online

VIVA Militer: Danyonif 406/Candra Kusuma sambut kedatangan 10 satgas apter.

Photo :
  • Yonif 406/Candra Kusuma

Setiba di markas, kedatangan mereka langsung disambut Komandan Yonif 406/CK, Letnan Kolonel Inf Edward Deru Saka Samosir dan rekan-rekannya melalui sebuah upacara penghormatan.

TNI Berduka, Kolonel Saryanto Meninggal Dunia di Kepulauan Anambas

"Atas nama Komandan Batalyon Infanteri 406/Candra Kusuma saya mengucapkan terima kasih kepada Kapten Inf Kristanto dan 9 anggota lainnya yang sudah melaksanakan tugas sebagai personel Satgas Teritorial di Kodam XVII/Cenderawasih dan Kodam XVIII/Kasuari," kata Letkol Inf Edward.

10 prajurit TNI itu mulai meninggalkan markas 13 bulan lalu. Mereka ditempatkan di beberapa daerah berbeda di wilayah Kodam Cenderawasih dan Kodam Kasuari. Ada yang di Wamena, Papua dan Maybrat, Papua Barat.

VIVA Militer: Danyonif 406/Candra Kusuma sambut kedatangan 10 satgas apter.

Photo :
  • Yonif 406/Candra Kusuma

Menurut Letkol Inf Deru, selama melaksanakan tugas, 10 prajurit mendapatkan nilai positif dan tidak ada pelanggaran atau catatan khusus yang mereka torehkan.

Malahan 10 prajurit selama bertugas mampu menjadi pelipur lara membantu kesulitan hidup yang selama ini dialami masyarakat di wilayah penugasan.

"Hal ini merupakan suatu prestasi yang membanggakan. Jadi Kita patut bersyukur rekan-rekan kita dapat melaksanakan perintah dengan baik dan bertanggung jawab," ujar Letkol Inf Edward.

VIVA Militer: 10 prajurit Satgas Apter Yonif 406/Candra Kusuma cium pataka.

Photo :
  • Yonif 406/Candra Kusuma

10 prajurit yang telah melaksanakan tugas di Papua yaitu, Kapten Inf Kristanti, Letda Inf Asjaya, Sertu Widodo, Serda Slamet, Serda Tri Rohmanudin, Serda Vendi U, Praka Roland, Praka Thomas, Praka Thomas, Praka Hengki, dan Pratu Marianus.

Rasa bahagia dan suka cita tampak jelas di wajah 10 prajurit tatkala tiba di markas, rasa lelah yang mendera lenyap seketika. Apalagi mereka disambut dengan senyuman. Pataka satuan pun dicium sebagai wujud kebanggaan.

Saatnya kesatria prajurit TNI Angkatan Darat ini untuk beristirahat, berjumpa keluarga melepas rindu yang lama terpendam dalam pengabdian tulus bagi Nusa Bangsa.

Baca:  Kisah Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Habiskan 20 Juta 2 Jam dan Sisihkan Uang Makan Demi Warga Papua

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya