Tiba di Papua, Laksda TNI Agus Langsung Periksa Kekuatan Kapal Perang Koarmada III TNI AL

VIVA Militer: Pangkoarmada III Laksda TNI Agus Hariadi
Sumber :
  • Dispen Koarmada III

VIVA – Mantan Panglima Kolinlamil Laksamana Muda (Laksda) TNI Agus Hariadi yang sejak hari Kamis, 26 Januari 2023 lalu dilantik sebagai Panglima Koarmada III Sorong hari ini tiba di Papua.

Prabowo: Dalam Hidup Saya, Angka 8 Muncul Terus

Setibanya di Papua, Pangkoarmada III Laksda TNI Agus Hariadi bersama Laksda TNI Irvansyah yang kini menjabat Panglima Kogabwilhan I langsung menggelar Admiral Inspection unsur Kapal Perang Indonesia (KRI) di Dermaga Katapop, Papua Barat Daya.

Inspeksi itu dilakukan sebagai rangkaian pergantian pucuk pimpinan di Komando Utama (Kotama) Koarmada III yang pekan lalu diserahterimakan dari Laksda TNI Irvansyah kepada Laksda TNI Agus Hariadi di Markas Komando Armada Republik Indonesia (Koarmada RI), Jakarta Pusat.

Terpopuler: Oknum Polisi Aniaya Siswa, Mahasiswa Demo Rektor hingga Suami Mutilasi Istri

Admiral inspection tersebut dilaksanakan menggunakan KRI Mata Bongsang-873 dengan rute pelayaran dari Dermaga Lantamal XIV Sorong menuju Dermaga Mako Armada III Katapop, Papua Barat Daya.

Kegiatan itu merupakan salah satu tradisi di lingkungan TNI Angkatan Laut yang dilaksanakan dengan melakukan pemeriksaan terhadap kesiapan unsur-unsur kapal perang TNI AL. 

Mengenal Sagil, Siswa SD dengan Tinggi 2 Meter dari Kerinci Jambi

Untuk diketahui, tradisi tersebut menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Sertijab sebelum menyerahkan tongkat komando Pangkoarmada III kepada penggantinya, sekaligus salam perpisahan dari pemimpin lama dan memperkenalkan pemimpin baru. 

VIVA Militer: Laksda TNI Agus Hariadi dan Laksda TNI Irvansyah cek kesiapan KRI

Photo :
  • Dispen Koarmada III

Setiba di Dermaga Katapop, Pangkoarmada III baru, Laksda TNI Agus Hariadi menerima penghormatan dan parade oleh prajurit ABK KRI serta disambut dengan teriakan semboyan Koarmada III yaitu “Ghora Wira Madya Jala” dari seluruh prajurit KRI yang dilewati dalam inspeksi tersebut.

Setelah melaksanakan Admiral Inspection, Pangkoarmada III Laksda TNI Agus Hariadi menegaskan, kesiapannya dan berkomitmen untuk melanjutkan program kerja yang telah dilaksanakan Pangkoarmada sebelumnya, baik dalam bidang pembangunan infrastruktur, sarana prasarana maupun pemenuhan sumber daya manusianya.

"Poin penting yang harus tercapai adalah keberadaan Koarmada III ini dapat menjadi manfaat bagi masyarakat di Papua. Koarmada III siap untuk berbaur dan bekerjasama dengan seluruh komponen masyarakat," kata Pangkoarmada III Laksda TNI Agus Hariadi dalam keterangan resmi yang diterima VIVA Militer, Senin, 30 Januari 2023.

Selain itu, mantan Panglima Kolinlamil itu menambahkan, bahwa dalam waktu dekat ada beberapa KRI dari Satuan Kapal Eskorta Koarmada II yang akan dialih binakan untuk memperkuat dan mendukung operasi keamanan laut di wilayah Koarmada III.

Sementara itu, Laksda TNI Irvansyah yang kini menjabat Pangkogabwilhan I menyampaikan kepada Pangkoarmada III, bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang belum terselesaikan selama menjabat, seperti pembangunan gedung kantor maupun pemenuhan kebutuhan personil yang baru mencapai sekitar 36 persen.

Usai melakukan pemeriksaan unsur KRI, kemudian para prajurit Koarmada III melaksanaan acara tradisi lepas sambut Pangkoarmada Ill yang berlangsung dengan hikmad dan penuh haru dimana seluruh personel Koarmada III melaksanakan jajar kehormatan diiringi dengan syair dan lagu dalam melepas dan menyambut Pangkoarmada III. 

"Selamat jalan Laksda TNI Irvansyah, selamat datang Laksda TNI Agus Hariadi di Makoarmada III Sorong"

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya