Di Hadapan Para Taruna AAL, Wapres Ma'ruf Amin Tegaskan Pentingnya Bangun Kekuatan Poros Maritim

VIVA Militer: Wapres RI KH. Ma'ruf Amin di AAL Surabaya
Sumber :
  • Dispenal

VIVA – Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma'ruf Amin hari ini berkunjung ke Akademi Angkatan Laut (AAL), Bumimoro, Surabaya. 

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Kedatangan orang nomor dua di Republik Indonesia ke Bumimoro itu dilakukan dalam rangka memberikan kuliah umum pada para Taruna/Taruni yang merupakan calon perwira TNI Angkatan Laut.

“Perkuat dedikasi loyalitas dan kinerja untuk menyanggah peran dan dedikasi TNI AL, tingkatkan wawasan dan pengetahuan terkait isu nasional maupun global khususnya yang menyangkut isu kemaritiman, bangun karier dengan menjaga integritas serta jaga sikap rendah hati dan dekat dengan rakyat," kata Wapres RI KH. Ma'ruf Amin saat memberikan kuliah umum di Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya, Senin, 6 Februari 2023.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Wapres menegaskan, cita-cita masa depan Indonesia yaitu visi Indonesia emas 2045, dimana Indonesia sebagai poros maritim dunia. 

Menurut Ma'ruf Amin, poros maritim dunia merupakan suatu visi geopolitik sebagai penegasan manifestasi tujuan nasional, sekaligus momentum dan menerapkan strategi pembangunan nasional yang berbasis kemaritiman. 

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

“Dalam 20 tahun kedepan kita ingin mewujudkan cara pandang menuju cara pandang maritim,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan, salah satu program prioritasnya menitikberatkan pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). 

“Berputarnya sebuah roda organisasi akan bertumpu pada kemampuan Sumber Daya Manusianya. Untuk mencapai prajurit Angkatan Laut yang profesional, modern dan tangguh maka harus dilakukan pengawasan dan seleksi yang tepat serta terukur, demikian juga dengan pendidikan lanjutan dan pengembangan harus disesuaikan dengan kompetensi tiap individunya,” kata KSAL Laksamana Muhammad Ali.

Selain dihadiri oleh seluruh Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut, sejumlah pejabat tinggi juga turut hadir dalam menyambut kedatangan orang nomor dua di Republik ini, diantaranya, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Gubernur AAL Laksda TNI Denih Hendrata, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Listianto Dardak, serta para pejabat terkait lainnya.

Dalam kesempatan itu, Wakil Presiden Republik Indonesia juga menyampaikan penghargaan kepada Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, KSAL Laksamana Muhammad Ali, Gubernur AAL Laksda TNI Denih Hendrata, serta para Taruna dan Taruni AAL, dengan harapan agar menyelenggarakan Pendidikan yang terbaik, demi mencetak prajurit TNI AL yang cakap, tanggap, tanggon dan trengginas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya