Heboh Video Prajurit TNI Buang Botol dari Langit, Ternyata 14 Tahun Lalu. Sersan Kopasgat Minta Maaf

VIVA Militer: Serda Ary saat minum air kemasan di langit.
Sumber :

VIVA – Dinas Penerangan  Markas Komando Pasukan Gerak (Kopasgat) TNI Angkatan Udara baru saja menerbitkan klarifikasi resmi soal video salah seorang prajurit yang sedang heboh jadi sorotan masyarakat.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Dalam video itu terekam seorang prajurit TNI sedang melayang di angkasa dengan parasutnya. Lalu ia minum air kemasan lalu membuang tutup dan botol air itu begitu saja ke bawah.

Nah dalam klarifikasi yang dilansir VIVA Militer di situs resmi Kopasgat Jumat 17 Februari 2023, diterangkan bahwa ternyata video itu direkam lebih dari 14 tahun lalu, tepatnya pada Bulan Mei tahun 2009. Tapi terus viral dan bikin heboh karena diunggah berulang oleh pengguna media sosial yang tak bertanggungjawab.

Kisah Nyata di Balik Rumah Bagus Pasukan Tengkorak dan Hadiah 5 Miliar dari Jenderal TNI Maruli

Jadi prajurit pasukan khusus korps baret jingga yang merekam video itu adalah Sersan Dua Ary Pujo Suprianto, ia saat ini bertugas di Peleton Kompi Markas Detasemen Matra 2 Kopasgat.

VIVA Militer: Surat pernyataan Serda Ary.

Photo :
  • Penerangan Kopasgat
Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Video direkam pada 2009 saat Serda Ary masih berpangkat Pratu dan bertugas di Batalyon Komando (Yonko) 464/Kopasgat.

"Pembuatan video berlangsung ketika Serda Ary mengikuti pendidikan Para Lanjut Tempur (PLT) angkatan ke-33 tahun 2009. Pada saat program terjun random, seluruh siswa diwajibkan membawa alat komunikasi Hand Phone (HP), dengan harapan apabila ada siswa yang mendarat di luar drop zone dapat segera menghubungi pelatih untuk melaporkan posisi siswa dan kondisi yang terjadi.

Berawal dari durasi melayang di udara yang begitu lama, Serda Ary secara spontanitas dan tidak direncanakan mengambil HP yang berada di saku PDL Loreng dan kemudian minum salah satu minuman kemasan dan membuang tutup botol serta botolnya," tulis Penerangan Kopasgat.

Setelah mendarat dan sampai di barak HP Serda Ary dipinjam rekan siswa lain untuk mengirimkan lagu mp3 lewat bluetooth, kemungkinan video tersebut ikut tersebar.

"Pada tahun 2013 video tersebut muncul pertama di Youtube dengan nama akun komando," tulis Penerangan Kopasgat.

VIVA Militer: Surat pernyataan Serda Ary.

Photo :
  • Penerangan Kopasgat

Enggak cuma itu saja, Kopasgat juga menampilkan video pernyataan dari Serda Ary.

"Serda Ary sudah membuat Surat Pernyataan Permohonan Maaf di atas materai sepuluh ribu dan membuat video permohonan maaf pula kepada seluruh jajaran Kopasgat TNI AU dan masyarakat atas kembali beredarnya video tersebut. 

Serda Ary berjanji tidak akan mengulangi perbuatan tersebut, yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain serta siap mendapatkan sanksi apapun,"  Penkopasgat.

Berikut video pernyataan Serda Ary:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya