Ternyata Prajurit Kopasgat TNI AU Juga Diterjunkan untuk Bantu Evakuasi Kapolda Jambi di Hutan Jambi

VIVA Militer: TNI AU kirim Pasukan Kopasgat untuk bantu evakuasi Kapolda Jambi
Sumber :
  • Dispenau

VIVA – Tim gabungan TNI - Polri hingga saat ini masih terus berupaya melakukan pencarian dan evakuasi terhadap rombongan Kapolda Jambi Irjen Pol. Rusdi Hartono yang sejak kemarin mengalami kecelakaan di sekitar hutan Bukit Tamiai, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Seluruh unsur mulai dari Basarnas, Polri, hingga TNI pun terus berjibaku untuk mencapai di titik kordinat atau lokasi pendaratan darurat helikopter Polri jenis Bell 412 SP yang ditumpangi Kapolda Jambi beserta para rombongan, dan tiga orang kru helikopter Polri dengan nomor Registrasi P-3001 tersebut.

Pagi tadi, helikopter Basarnas dikabarkan telah berhasil menemui titik lokasi jatuhnya helikopter Polri tersebut. Tim Basarnas pun langsung menjatuhkan sejumlah bahan bantuan dari udara, berupa logistik dan selimut untuk Kapolda Jambi Irjen Pol. Rusdi Hartono serta rombongan yang dikabarkan masih hidup dan mengalami luka-luka di tengah hutan Jambi tersebut.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Sejumlah tim lainnya baik dari unsur Basarnas maupun Polri pun sejak kemarin dikabarkan telah menelusuri hutan Bukit Tamiai untuk mengarah titik lokasi jatuhnya helikopter Polri tersebut.

Tidak hanya itu, unsur TNI pun juga ikut terlibat dalam upaya pencarian dan evakuasi Kapolda Jambi yang saat ini dikabarkan mengalami cidera patah tulang pada bagian lengannya itu.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

VIVA Militer: Helikopter NAS-332 Super Puma TNI AU Diterbangkan ke Jambi

Photo :
  • Dispenau

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dinas Penerangan Angkatan Udara (Dispenau), Senin, 20 Februari 2023, pagi tadi TNI Angkatan Udara telah mengerahkan satu unit pesawat helikopter NAS-332 Super Puma milik Lanud Atang Sendjaja untuk membantu proses evakuasi Kapolda Jambi Irjen Pol. Rusdi Hartono beserta rombongan. 

Tidak hanya itu, selain Helikopter Super Puma, TNI Angkatan Udara juga telah menerjunkan sejumlah pasukan khusus untuk terlibat dalam proses pencarian dan evakuasi (SAR) jenderal bintang dua Polri tersebut di Bukit Tamiai, Kerinci, Jambi.

Adapun tim khusus yang dikerahkan oleh TNI AU itu adalah Tim SAR yang berasal dari prajurit Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) yang berasal dari Batalyon Komando 462 Pasgat. 

Prajurit Kopasgat yang dikerahkan sebanyak 7 personel dibawah pimpinan Komandan Batalyon Komando 462 Pasgat Letkol Pas Junaidi.

"TNI Angkatan Udara juga telah menerjunkan satu tim Search and Rescue (SAR) Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) yang berasal dari Batalyon Komando 462 Pasgat dengan jumlah 7 personel dibawah pimpinan Danyon 462 Pasgat Letkol Pas Junaidi," kata Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah dalam keterangan resminya.

Untuk diketahui, helikopter Super Puma NAS-332 yang dikerahkan ke lokasi jatuhnya helikopter Polri itu dilengkapi dengan peralatan canggih, yaitu hoist yang memungkinkan memberikan pertolongan korban atau mengevakuasi korban dengan teknik hovering (tanpa mendarat).

Semoga Kapolda Jambi Irjen Pol. Rusdi Hartono dan rombongan dapat segera dievakuasi dengan aman dan selamat.

Baca juga: TNI AU Kerahkan Helikopter Super Puma untuk Evakuasi Rombongan Kapolda Jambi dari Hutan Bukit Tamiai 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya