Disaksikan Jokowi, Menhan Prabowo Serahkan Pesawat Super Hercules C-130 J-30 ke Panglima TNI Yudo

VIVA Militer: Menhan RI menyerahkan replika kunci Super Hercules ke Panglima TNI
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto secara resmi menyerahkan pesawat pertama, Super Hercules C-130 J-30 buatan Lockheed Martin, Amerika Serikat kepada Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

4 Fakta Menarik Brigjen TNI Aulia Dwi Nasrullah, Jenderal Bintang 1 Termuda Saat ini

Penyerahan Pesawat Super Hercules buatan Amerika Serikat (AS) itu ditandai dengan penyerahan replika kunci pesawat dari Menhan RI Prabowo Subianto kepada Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang disaksikan secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu, 8 Maret 2023.

Pantauan VIVA Militer di lapangan, sebelum penyerahan replika kunci pesawat, Presiden RI Joko Widodo didampingi Menhan RI Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, serta Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid sempat meninjau pesawat terbaru milik TNI Angkatan Udara tersebut. 

BSSN Kirim Satgas Pengamanan WWF ke-10 di Bali

Jokowi bahkan sempat masuk ke dalam Kockpit pesawat jenis angkut militer berukuran jumbo tersebut.

Setelah itu, Presiden RI Joko Widodo langsung meresmikan Pesawat Super Hercules C-130 J-30 dengan nomor ekor A-1339 sebagai Alutsista terbaru yang akan memperkuat TNI Angkatan Udara dengan prosesi pemecahan kendi di roda pesawat dan penyiraman air kembang di hidung pesawat tersebut.

Jokowi Instruksikan Puluhan Ribu Kontainer yang Nyangkut di Pelabuhan Segera Dikeluarkan

Sebagaimana diberitakan VIVA Militer sebelumnya, pesawat Super Hercules C-130 J-30 dengan nomor ekor A-1339 buatan salah satu industri pertahanan ternama dunia, Lockheed Martin, Amerika Serikat itu tiba di Indonesia pada hari Senin siang, 6 Maret 2023 lalu.

Pesawat yang diterbangkan oleh pilot Lockheed Martin dengan menyertakan 2 penerbang TNI AU yaitu, Letkol Pnb Anjoe Manik/Danskd 31 dan  Letkol Pnb Alfonsus, serta 1 teknisi, Kapten Tek Janar langsung disambut hangat Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya (Marsdya) TNI Agustinus Gustaf Brugman di Lanud Halim Perdanakusuma.

Untuk diketahui, pesawat C-130 J-30 Super Hercules A-1339 ini, merupakan pesawat pertama dari 5 unit yang dipesan oleh Kemenhan RI untuk memperkuat TNI AU. Selanjutnya secara bertahap pesawat jenis yang sama akan tiba di tanah air hingga awal tahun 2024. Rencananya, pesawat ini akan memperkuat Skadron Udara 31, Lanud Halim Perdanakusuma.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya