Naik Jet Tempur F-16, Menhan Prabowo Terima Brevet Wing Kehormatan Penerbang TNI AU

VIVA Militer: Menhan Prabowo terima Brevet Kehormatan Wing Penerbang TNI AU
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto hari ini mendapatkan Brevet Wing Kehormatan Penerbang TNI Angkatan Udara (AU) di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Penyematan Brevet Wing Kehormatan itu diberikan secara langsung oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang didampingi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Penyematan Brevet itu dilakukan usai Prabowo melaksanakan terbang back seat kurang lebih 30 menit menggunakan pesawat F16 TNI AU milik Skadron Udara 3. Mantan Danjen Kopassus itu nampak duduk di kursi kedua pesawat tempur tersebut.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Usai menerima Brevet Kehormatan Penerbang, Prabowo mengaku sangat terhormat mendapat kesempatan merasakan langsung terbang bersama pilot terbaik dari TNI AU.

"Saya barusan mendapat kehormatan, saya ikut dalam suatu penerbangan yang sebenarnya sangat singkat tapi bagi saya ini pengalaman luar biasa," kata Menhan RI Prabowo Subianto usai mendapatkan Brevet Kehormatan Wing Penerbang TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu, 8 Maret 2023.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Prabowo mengungkapkan pengalamannya terbang dengan jet tempur tersebut sangat luar biasa. Menurutnya tidak mudah untuk menjadi penerbang andal pesawat tempur.

"Saya baru sadar betapa sulitnya untuk menjadi penerbang, apalagi penerbang pesawat yang canggih, pesawat tempur," ujarnya.

Prabowo pun mengaku bersyukur bangsa Indonesia memiliki TNI yang luar biasa baik di TNI AU, TNI AD, maupun TNI AL. Prabowo menegaskan, peran TNI sangat penting dalam menjaga pertahanan negara.

"Betapa beruntungnya kita punya pemuda-pemuda putra juga ada putri-putri, tapi saya sangat kagum juga membuat kita semakin harus sadar bahwa pertahanan itu bukan suatu kemewahan, pertahanan adalah suatu syarat untuk kita terus merdeka," ucapnya.

"Tanpa pertahanan yang kuat kita akan selalu diganggu, selalu diinjak-injak oleh bangsa lain, sumber alam kita akan dicuri, kedaulatan kita akan diganggu," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya