Pimpin HUT ke-77 TNI AU, Panglima Yudo Margono Ingatkan Ancaman Bahaya Perang Modern

VIVA Militer: Panglima TNI Yudo Margono bersama Kepala Staf TNI
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono hari ini memimpin upacara puncak peringatan HUT ke-77 TNI Angkatan Udara yang digelar di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di tubuh TNI itu secara khusus mengucapkan selamat kepada seluruh prajurit penjaga langit Indonesia atas peringatan HUT TNI AU yang ke-77 tahun.

"Selaku Panglima TNI dan atas nama keluarga besar Tentara Nasional Indonesia saya menyampaikan selamat ulang tahun ke-77 kepada segenap prajurit, pegawai negeri sipil dan keluarga besar TNI Angkatan Udara di mana pun kalian berada dan bertugas," kata Laksamana TNI Yudo Margono di hadapan para prajurit handal TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu, 9 April 2023.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Yudo memaparkan, selama 77 tahun TNI Angkatan Udara selalu hadir dalam setiap panggilan tugas ibu pertiwi, baik dalam rangka operasi perang, maupun operasi militer selain perang. 

Menurut Panglima TNI, kiprah para prajurit penjaga dirgantara telah terukir dengan tinta emas dalam menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan NKRI, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. 

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

"Untuk itu saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh prajurit dan pegawai negeri sipil TNI Angkatan Udara atas dedikasi, profesionalisme, dan loyalitas yang kalian tunjukkan selama ini," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Panglima TNI Yudo Margono juga mengingatkan kepada seluruh prajurit TNI AU, bahwa saat ini situasi dunia sedang menghadapi tantangan yang berat. 

Menurutnya, pasca-pandemi COVID-19 dunia diterpa krisis pangan, krisis energi dan krisis finansial perang Rusia - Ukraina semakin memperparah keadaan situasi geopolitik dunia secara umum penuh dengan ketidakpastian dan semakin memanas.

Dalam menghadapi situasi tersebut, Yudo pun berpesan, TNI Angkatan Udara sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Tentara Nasional Indonesia harus selalu beradaptasi dan bersiap dengan berbagai kemungkinan skenario. 

"TNI Angkatan Udara harus selalu siap menjadi garda terdepan di dalam menghadapi berbagai krisis yang mengancam bangsa," tegasnya.

Tidak hanya itu, Panglima TNI Yudo Margono juga menyinggung tema HUT TNI AU ke-77 yang mengusung profesional, modern dan tangguh sebagai angkatan udara yang disegani di kawasan. 

Menurut Yudo, tema ini menunjukan komitmen TNI Angkatan Udara untuk terus meningkatkan kemampuannya dalam rangka menghadapi spektrum ancaman yang semakin kompleks.

"Sesuai tema tersebut saya perintahkan seluruh prajurit TNI Angkatan Udara untuk selalu bersikap profesional, ingatlah bahwa tugas kalian memiliki risiko yang tinggi sehingga meskipun angkasa tempat kalian  bertugas sangatlah luas namun tidak boleh ada kesalahan sekecil apapun. Teruslah berlatih secara bertingkat dan berlanjut dengan skenario latihan yang realistis," ujarnya.

"Dengan peran profesional, modern dan tangguh, saya yakin dan percaya TNI Angkatan Udara akan mampu menjadi kekuatan udara yang disegani di kawasan, kekuatan yang mampu menjaga dan melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah setiap saat," tambahnya.

Dipenghujung sambutannya, Yudo Margono pun mengutip pidato Presiden RI pertama, Ir. Soekarno yang disampaikan pada saat HUT TNI AU ke-9 tahun 1955 silam. 

Menurut Yudo, ketika itu Presiden Soekarno berpesan kepada seluruh kekuatan Matra udara agar dapat menguasai udara sebagai bentuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Karena kekuatan nasional di udara adalah faktor yang menentukan dalam perang modern.

Yudo pun menegaskan, bahwa pesan tersebut masih relevan dan hingga saat ini. Hal ini menunjukkan betapa besarnya peran TNI AU dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Untuk itu mari bersama kita majukan TNI Angkatan udara, mari kita bangun dan perkuat sayap tanah air kita," kata Yudo.

"Sekali lagi, selamat ulang tahun TNI AU ke-77 dalam menjalankan tugas bangsa. Dirgahayu TNI AU," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya