KSAL Muhammad Ali Lepas Mudik Asyik Naik Kapal Perang TNI AL

VIVA Militer: KRI Banjarmasin-592 membawa pemudik kendaraan roda dua
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali hari ini secara resmi melepas keberangkatan mudik gratis naik kapal perang KRI Banjarmasin-592 yang diselenggarakan oleh TNI Angkatan Laut di Markas Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Geger Sulaiman Tewas Loncat dari Jembatan saat Dikejar Prajurit Raider TNI, PM Turun Tangan

Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan, KRI Banjarmasin-592 milik Satuan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) akan membawa 861 pemudik dengan rute Jakarta - Semarang - Surabaya.

"Dari 861 orang pemudik itu ada 52 anak Balita, kemudian mereka membawa motor sejumlah 260an motor," kata KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali di Markas Kolinlamil, Jakarta Utara, Selasa, 18 April 2023.

Drone Malaikat Maut Amerika Jadi Sampah Usai Dilibas Rudal Yaman

Lebih jauh Kasal menambahkan, mudik gratis untuk para pengguna sepeda motor roda dua dengan kapal perang TNI AL itu dilakukan untuk membantu pemerintah dalam mengurangi angka kecelakaan pada saat arus mudik lebaran 2023.

"Jadi kenapa kita laksanakan mudik gratis ini, ini juga dalam rangka membantu pemerintah untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan khususnya pada pemudik yang menggunakan sepeda motor," kata Muhammad Ali.

Penuh Bangga, Dankormar Lepas Ratusan Prajurit Satgas Pamtas Mobile RI-PNG Yonif 6 Marinir ke Papua

"Karena kalau dengan menggunakan kapal, motornya bisa diparkir saja dalam kapal, sedangkan pemudiknya bisa istirahat, ya satu hari besok udah sampai di Semarang, kemudian dari Semarang lanjut ke Surabaya," tambahnya.

Selain itu, lanjut KSAL, TNI Angkatan Laut juga memfasilitasi arus balik dari Surabaya dan Semarang dengan menggunakan kapal perang TNI AL.

Dia berharap, mudik gratis dengan kapal perang KRI Banjarmasin-592 ini dapat membantu meringankan masyarakat untuk berkumpul dengan keluarga di kampung halaman dalam merayakan lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah mendatang.

"Kita juga akan menyiapkan arus baliknya dari Surabaya tanggal 25 April kemudian dari Semarang tanggal 26 April akan kembali," ujarnya.

VIVA Militer: KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali temui pemudik di atas KRI

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer

Pantauan VIVA Militer di lapangan, sebelum melepas KRI Banjarmasin-592, KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali didampingi Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksda TNI Yayan Sofian, Ketua Baznas Indonesia KH. Noor Achmad, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, serta Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Halim, serta sejumlah pejabat Mabesal lainnya sempat mengecek kesiapan para pemudik yang sudah berada di deck KRI Banjarmasin - 592.

KSAL Muhammad Ali juga sempat berbincang-bincang dengan Ibu Farida salah satu pemudik tujuan Semarang yang ikut mudik gratis naik kapal perang TNI AL.

Ibu Farida yang mudik bersama suami dan dua orang anaknya itu mengaku sangat terbantu dengan fasilitas musik gratis yang diselenggarakan oleh TNI AL tersebut.

"Terima kasih bapak, kami sangat terbantu dengan adanya mudik gratis ini. Saya sangat senang karena selain bisa berkumpul dengan keluarga di kampung halaman, mudik naik kapal TNI AL ini sangat berkesan untuk kami. Ini pengalaman pertama kali kami bapak," kata Farida di hadapan Kasal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya