Gelar Dialog Kebangsaan di Kupang, Waasintel Kasad Tegaskan TNI Tidak Terlibat Politik Praktis

VIVA Militer: Waasintel Kasad Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Kupang – Wakil Asisten Intelijen Kepala Staf Angkatan Darat (Waasintel Kasad) Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva menegaskan bahwa TNI tidak terlibat dalam politik praktis.

Letjen TNI Saleh Mustafa Buka Kejuaraan Taekwondo Pangkostrad Cup 2024

"Di mana dalam Pasal 5 UU No 34 Tahun 2004, dijelaskan bahwa TNI merupakan alat negara dibidang pertahanan negara yang menjalankan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara,” kata Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva dalam keterangan resmi yang diterima VIVA Militer saat menggelar Dialog Interaktif 'Cegah Konflik Sosial' di Aula Wali Kota Eltari Kupang, Selasa, 13 Juni 2023.

Dalam kesempatan tersebut, jenderal bintang satu TNI AD kelahiran Timor Timor itu menegaskan bahwa seluruh komponen masyarakat, khususnya warga Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki kewajiban dalam menjaga persatuan dan kesatuan untuk menciptakan kondusifitas di tahun politik mendatang.

'Bravo Zulu' Kapal Selam TNI AL KRI Alugoro-405 Tembakkan Torpedo Black Shark di Selat Bali

Oleh karenanya, dia menekankan agar masyarakat NTT dapat merawat keberagaman sebagai bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.
“Kupang adalah kota yang sangat strategis dan kondusif sehingga dapat dijadikan barometer bagi Indonesia di masa mendatang," ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa program Pembinaan Komunikasi (Binkom) yang dicanangkan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman itu bertujuan mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bertukar pikiran, berdialog dan berdiskusi dengan harapan dapat tercipta visi dan misi yang sama guna dapat mencegah setiap konflik sosial dimasa mendatang. 

Bea Cukai dan TNI Gagalkan Penyelundupan Ballpress di Jalur Tikus Perbatasan Indonesia-Malaysia

"Kegiatan ini dilakukan se-Indonesia dimulai dari Bali, Jawa Tengah, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Kaltim ke Wilayah Barat Indonesia dan NTT," katanya.

Untuk diketahui, kegiatan Pembinaan Komunikasi (Binkom) itu diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai kalangan, seperti Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, serta Organisasi Masyarakat dan Mahasiswa.

Selain Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva, sejumlah tokoh dari unsur Pemerintah Daerah dan Akademisi juga dilibatkan sebagai pemateri dalam kegiatan Binkom tersebut. Diantaranya adalah, Adelino DC Soares, AKS., MPS., S.p. (Kabid Kewaspadaan Nasional Kesbangpol Prov. NTT), Dr. Zainur Wula, S.Pd, M.Si. (Rektor Universitas Muhammadiyah Kupang).

"Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan sinergitas antar instansi serta membangun kolaborasi secara integratif antara TNI AD dengan seluruh komponen masyarakat dalam menghadapi segala bentuk gangguan stabilitas di wilayah di NTT," kata Adelino DC Soares.

"Semoga ke depan kegiatan ini akan terus berlanjut dan ditingkatkan secara integrative, holistic, massif dan komprehensif dengan pemerintah Kota/Kabupaten dan Polri serta seluruh komponen masyarakat sehingga dapat menjadikan Kupang NTT menjadi “IS OUR HOME” dibawah bingkai NKRI," tambahnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya