KSAL Muhammad Ali Lantik 4 Pati Pemegang Jabatan Strategis di TNI AL

VIVA Militer: KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali pimpin Sertijab Pati TNI AL
Sumber :
  • Dispenal

Jakarta – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali hari ini memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) di lingkungan TNI Angkatan Laut di Gedung R.E. Martadinata, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Ada empat jabatan penting yang hari ini diserahterimakan KSAL Muhammad Ali kepada empat Perwira Tinggi (Pati) TNI AL. Empat jabatan strategis itu adalah Koorsahli Kasal, Askomlek Kasal, Kadisdikal, dan Kadislitbangal.

Jabatan Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kasal yang sebelumnya ditempati oleh Laksamana Muda (Laksda) TNI Rubiyanto diserahkan kepada Laksamana Muda (Laksda) TNI Budi Setiawan yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Komunikasi dan Elektronika (Askomlek) Kasal. Sementara, Laksda TNI Rubiyanto saat ini dipercaya untuk menjabat Staf Khusus Kasal.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Kemudian, jabatan Askomlek Kasal dari Laksamana Muda (Laksda) TNI Budi Setiawan diserahkan kepada Laksamana Pertama (Laksma) TNI Dono Herbowo yang sebelumnya menjabat sebagai Tenaga Ahli Pengkaji Madya Bid. Politik Lemhannas. 

Lalu, jabatan Kepala Dinas Pendidikan Angkatan Laut (Kadisdikal) diserahkan dari Laksamana Pertama (Laksma) TNI Arif Badrudin kepada Kolonel Laut (P) Dodi Agus Prasetyo. 

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Selanjutnya, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Arif Badrudin mendapat promosi jabatan sebagai Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut (Wagub AAL) menggantikan Laksamana Pertama (Laksma) TNI Dato Rusman yang akan menempati jabatan baru sebagai Staf Khusus Kasal.

Kemudian, jabatan Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AL (Kadislitbangal) dari Laksamana Pertama (Laksma) TNI Taufik Arief diserahterimakan kepada Laksamana Pertama (Laksma) TNI Budi Raharjo yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Kodikdukum Kodiklatal. 

Sedangkan Laksma TNI Dr. Taufik Arief akan menempati jabatan baru sebagai Komandan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Dankodikdukum) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal).

VIVA Militer: KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali

Photo :
  • Dispenal

KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan bahwa rotasi kepemimpinan di tubuh TNI, khususnya TNI AL merupakan manifestasi dari proses pembinaan personel secara berkesinambungan dan menyeluruh.

"Adanya pergantian jabatan, diharapkan mampu memberikan kesempatan bagi tiap individu untuk membawa ide-ide segar, perspektif baru serta energi baru dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab organisasi," kata KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali dalam keterangan resmi yang diterima VIVA Militer, Kamis, 20 Juli 2023.

Lebih jauh Muhammad Ali mengatakan, jabatan baru yang diemban merupakan bentuk apresiasi yang diberikan kepada para perwira sebagai pengakuan atas prestasi, dedikasi, dan loyalitas yang telah ditunjukkan selama ini. 

"Saya percaya, dengan karakter, loyalitas, dedikasi, dan pengalaman tugas yang dimiliki, para pejabat baru akan mampu memberikan kontribusi yang berarti dalam melaksanakan amanah ini," ujarnya. 

Untuk diketahui, rotasi, mutasi, dan promosi jabatan para pejabat utama Mabesal itu dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/690/VII/2023 tanggal 26 Juni 2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia, yang telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 176 Perwira Tinggi (Pati) TNI, terdiri dari 73 Pati TNI AD, 59 Pati TNI AL dan 44 Pati TNI AU. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya