2 KRI Korvet TNI AL Manuver di Depan Kapal Perang Italia

VIVA Militer: Kapal perang Italia latihan bersama 2 kapal TNI AL di Laut Jawa
Sumber :
  • Dispenal

JakartaKapal perang Angkatan Laut Italia, ITS Francesco Morrosini pekan lalu sandar di Teluk Jakarta, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kedatangan kapal perang jenis offshore patrol vessel ITS Francesco Morrosini milik Angkatan Laut Italia itu ternyata tidak dibiarkan begitu saja.

Di Balut Kabut Putih Rimba Papua, Pasukan Operasi TNI Evakuasi Mayat Alex yang Ditembak Mati OPM

TNI Angkatan Laut langsung mengerahkan sejumlah armada perangnya untuk mengajak kapal perang Italia bermanuver dan melakukan latihan bersama di sekitar perairan Jawa. Hal itu dilakukan guna mempererat hubungan kerjasama antar Angkatan Laut dua negara sahabat yang terjalin sudah lama.

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dispenal, Senin, 24 Juli 2023, TNI AL telah mengerahkan dua unsur kapal perangnya yaitu, KRI Cut Nyak Dien-375 dan KRI Wiratno-379 untuk melakukan latihan Passing Exercise (Passex) pada akhir pekan lalu.

Korban Penembakan OPM Dievakuasi dari Homeyo ke Timika

KRI Cut Nyak Dien-375 dan KRI Wiratno-379 merupakan  kapal perang Indonesia jenis korvet kelas Parchim yang berada dibawah komando Koarmada I. 

Passing Exercise (Passex) yang dilaksanakan di Laut Jawa tersebut merupakan latihan yang dilaksanakan antara dua angkatan laut ketika kapal perang salah satu negara sahabat memasuki wilayah laut dari salah satu kedua negara tersebut. Dengan kata lain, Passex memiliki tujuan untuk melatih kerja sama antara dua angkatan laut dan membangun hubungan diplomasi. 

TNI-Polri Evakuasi Jenazah Warga Korban Penembakan OPM di Papua

Latihan tersebut, juga dilaksanakan Latihan Photo Exercise (Photoex) yaitu mengambil dokumentasi latihan saat manuver laut dari udara, unsur kapal perang kedua negara berlatih dengan menunjukkan kemampuan laut maupun udaranya. 

Adapun unsur pesawat udara yang digunakan untuk latihan Photoex yaitu pesawat udara patroli maritim P-8202 yang merupakan unsur TNI AL dibawah komando Koarmada I. 

VIVA Militer: Kapal perang TNI AL manuver di depan kapal Angkatan Laut Italia

Photo :
  • Dispenal

Tidak hanya itu, dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan serial latihan Manuver Taktis atau Tactical Manuvering (Tacman) dan Farewell Passing. 

Untuk diketahui, Deputy Chief of The Italian Navy / Wakil Kepala Angkatan Laut Italia, Vice Admiral Giuseppe Berutti Bergotto sebelumnya sempat bertemu Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali di Mabesal, Jakarta Timur.

Pertemuan dua jenderal Angkatan Laut negara sahabat itu dilakukan untuk membahas sejumlah kerja sama angkatan laut kedua negara, diantaranya kegiatan staff meeting untuk menginisiasi dibukanya Navy To Navy Talks sebagai forum resmi membicarakan kerja sama berbagai bidang, seperti strategic overview, pertukaran informasi, pendidikan, kunjungan personel, kunjungan kapal serta latihan bersama antara TNI AL dan Italian Navy. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya