Pesawat Super Hercules Ketiga Pesanan Menhan Prabowo dari Amerika Tiba di Tanah Air

VIVA Militer: Pesawat Super Hercules C-130J buatan AS tiba di Lanud Halim
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta – Pesawat C-130J-30 Super Hercules ketiga yang dibeli Pemerintah (Kemenhan RI) dari Amerika Serikat (AS) tiba di tanah air.  Pesawat Super Hercules dengan tail number A-1343 itu telah mendarat dengan baik di runway Lanud  Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, Rabu, 9 Agustus 2023.

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

Kedatangan pesawat A-1343 disambut oleh Pangkoopsudnas Marsdya TNI M.Tony Hardjono dan sejumlah pejabat Kemhan dan TNI AU lainnya.

Water salute (semburan air penghormatan) kepada pesawat dan pengalungan selempang kepada para kru A-1340, mengiringi kedatangan pesawat ketiga dari total lima unit yang di pesan pemerintah RI, dari pabrik Lockheed Martin di Marietta, Georgia Amerika Serikat. 

Kisah Nyata di Balik Rumah Bagus Pasukan Tengkorak dan Hadiah 5 Miliar dari Jenderal TNI Maruli

Dua pesawat sebelumnya, dengan tail number A-1339 dan A-1340 telah tiba pada bulan Maret dan Juli lalu. Penomoran loncat ke A-1343 karena nomer sebelumnya sudah digunakan pesawat Hercules TNI-AU lainnya.

Setelah mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, kedatangan pesawat disambut dengan tradisi water salute dan pengalungan selempang kepada empat kru pesawat oleh Pangkoopsudnas Marsdya TNI Mohamad Tonny Harjono.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

Kedatangan pesawat di tanah air setelah melakukan ferry flight lebih dari 33 jam penerbangan (7 hari) dengan rute Marietta - San Diego-Honolulu-Kwajalein-Agana (Guam)-Jakarta. 

Pesawat diterbangkan sejak hari Kamis (3/8) lalu dari Marietta dan tiba hari Rabu (9/8) di Tanah Air. Ferry flight pesawat turut menyertakan dua penerbang TNI AU yaitu Mayor Pnb Aleg Chandra dan Kapten Pnb Jatmiko Adi, serta satu load master TNI AU yaitu Kapten Tek Rico Aradea Putra dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Sementara, kru Lokcheed Martin ada dua pilot yaitu Andrew White dan Richard Anthony,  serta dua load master yaitu Kevin Meadows dan Williams Jeffrey.

Direncanakan, pesawat ketiga A-1343 akan diserahkan secara resmi oleh Kementerian Pertahanan RI kepada TNI AU pada Selasa mendatang (15/8/2023). Adapun untuk pesawat yang keempat dan kelima akan tiba pada bulan Oktober 2023 dan bulan Januari 2024 mendatang.

Kelima pesawat C-130J-30 Super Hercules TNI AU ini akan dioperasionalkan di Skadron Udara 31, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. Kelima pesawat akan melaksanakan tugas-tugas TNI AU dalam mendukung angkutan udara, baik untuk misi Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya