Siap-siap, Militer 20 Negara Akan Gelar Latihan Gabungan Super Garuda Shield di Indonesia

VIVA Militer: Angkatan Darat Australia ikuti Latma Super Garuda Shield 2022
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta – Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersama Angkatan Bersenjata 19 negara sahabat dalam waktu dekat ini akan menggelar latihan militer gabungan Super Garuda Shield (SGS) 2023 yang akan dilaksanakan di Indonesia.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksda TNI Julius Widjojono mengatakan, Latma Super Garuda Shield 2023 rencananya akan diselenggarakan pada 31 Agustus sampai 13 September 2023 mendatang.

“SGS (Super Garuda Shield) rencana akan dibuka pada 31 Agustus, sampai 13 September 2023,” kata Laksda TNI Julius Widjojono saat dikonfirmasi awak media, Jum'at, 18 Agustus 2023.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Julius mengisahkan, sejuah ini tercatat ada 20 negara yang akan terlibat dalam latihan gabungan militer itu, termasuk Indonesia. Empat negara di antaranya akan mengirimkan pasukan beserta kapal perangnya.

“Empat negara plus Indonesia (lima negara) mengirimkan pasukan, sedangkan 15 negara mengirimkan observer,” ujarnya.

Kisah Nyata di Balik Rumah Bagus Pasukan Tengkorak dan Hadiah 5 Miliar dari Jenderal TNI Maruli

Berdasarkan data yang dihimpun sementara, empat negara yang akan mengirimkan pasukan militer ke Indonesia diantaranya adalah Singapura dan Amerika Serikat (AS).

Sementara itu, negara observer di antaranya Papua Nugini dan Timor Leste.

Untuk diketahui sebelumnya, TNI telah menggelar Final Planning Conference (FPC) terkait pelaksanaan Super Garuda Shield 2023. FPC dibuka oleh Asisten Operasi Panglima TNI Mayjen Muhammad Nur Rahmad, di Hotel Sangri-La, Surabaya, pada 19 Mei 2023 lalu.

FPC digelar bertujuan untuk membahas data dan fakta yang didapat dari hasil peninjauan medan, pembahasan teknis, dan penyempurnaan serta sinkronisasi skenario latihan Super Garuda Shield 2023.

Dalam rangkaian Latgabma Super Garuda Shield (SGS), perwakilan militer dari 20 negara sahabat akan memulai Gladi Posko pada tanggal 31 Agustus 2023 mendatang. Dan rencananya, pada tanggal 9 September 2023 nanti akan digelar operasi manuver lapangan (Manlap) yang melibatkan prajurit Angkatan Bersenjata dan alutsista dari lima negara sahabat, termasuk Indonesia selaku tuan rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya