Panglima TNI Beberkan Strategi Pengamanan KTT ASEAN Ke-43 di Ibukota Jakarta

VIVA Militer: Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta – Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, TNI-Polri siap mengamankan jalannya forum internasional KTT ASEAN Ke-43 yang akan diselenggarakan pada tanggal 3-7 September 2023 di sejumlah titik Ibukota DKI Jakarta.

Terpopuler: Oknum Polisi Aniaya Siswa, Mahasiswa Demo Rektor hingga Suami Mutilasi Istri

"TNI, Polri, serta seluruh komponen pendukung lainnya siap untuk mengamankan jalannya KTT ASEAN Ke-43 yang akan diselenggarakan di Jakarta," kata Laksamana TNI Yudo Margono usai memimpin Apel Gelar Pasukan PAM KTT ASEAN ke-43 di Monas, Jakarta Pusat, Jum'at, 1 September 2023.

Panglima TNI menambahkan, seluruh pasukan yang bertugas dalam Operasi Pengamanan (Pam) VVIP terhadap Presiden, Wakil Presiden dan Tamu Negara setingkat Kepala Negara atau Kepala Pemerintahan peserta KTT ASEAN Ke-43 berada dibawah komando Panglima Kogabwilhan I selaku Komando Gabungan Terpadu Pengamanan (Kogabpadpam) VVIP, Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma.

Mengenal Sagil, Siswa SD dengan Tinggi 2 Meter dari Kerinci Jambi

Lebih jauh Yudo memaparkan, jumlah personel gabungan yang akan dilibatkan dalam Operasi Pengamanan KTT ASEAN Ke-43 lebih dari 18.000 personel, yang terdiri dari 12.543 prajurit TNI dan 6.800 Polri, serta unsur pengamanan pendukung lainnya.

"Pengamanan tersebut akan dilaksanakan selama sembilan hari, mulai tanggal  1 – 9 September  2023 di wilayah Jakarta. Sehingga selesai apel ini mereka langsung insert melaksanakan semua tugas sesuai dengan tugas yang sudah saya sampaikan, kepada Pangkogabwilhan I selaku Pangkogabpadpam KTT ASEAN ke-43 ini," ujarnya.

TNI AL Gagalkan Penyelundupan Ganja 13.430 Gram dari Papua Nugini ke Papua

Adapun titik atau lokasi pengamanan, lanjut Yudo, seluruh unsur kekuatan akan dikonsentrasikan pada sejumlah titik lokasi, diantaranya JCC yang menjadi venue utama KTT ASEAN, sejumlah hotel di Jakarta, Hutan Kota Senayan/Plataran, hingga Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII) yang akan dijadikan Spouse Program.

Adapun Alutsista TNI yang dikerahkan dalam operasi pengamanan  KTT Ke-43 ASEAN SUMMIT Tahun 2023 diantaranya adalah:

a. TNI AD : Kendaraan Komando (98 Unit) dan Kendaraan Truck (220 Unit).

b. TNI AL : KRI (6 Unit); Sea Rider (2 Unit); Helly Bell 412 1 (Uni)t; Helly Panther (1 Unit).

c. TNI AU : C-212/C-212i  2 Unit; C-130 Angkut 1 Unit; CN-295 Angkut 1Unit; HelNAS 332/EC-725 (5 Unit); B-737 Angkut dan Intai (2 Unit).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya