Sah, Laksdya TNI Irvansyah Resmi Jabat Kepala Bakamla RI Gantikan Aan Kurnia

VIVA Militer: Laksdya TNI Irvansyah (Kanan) resmi jabat Kepala Bakamla RI
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta – Laksamana Madya (Laksdya) TNI Irvansyah hari ini resmi menjabat Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) menggantikan Laksdya TNI (Purn) Aan Kurnia. 

Kisah Nyata di Balik Rumah Bagus Pasukan Tengkorak dan Hadiah 5 Miliar dari Jenderal TNI Maruli

Pergantian jabatan Kepala Bakamla RI itu dilakukan dalam Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) dari Kepala Bakamla RI yang lama, Laksdya TNI Aan Kurnia kepada Laksdya TNI Irvansyah yang dilakukan di Markas Bakamla RI, Jalan Taman Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 13 September 2023.

Untuk diketahui, sebelum upacara Sertijab, Laksdya TNI Irvansyah dilantik sebagai Kepala Bakamla RI secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Pelantikan dilakukan berdasarkan Petikan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor: 118/TPA Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Badan Keamanan Laut.

Sebelum dilantik oleh Presiden RI, rangkaian kegiatan pelantikan dan upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) diawali dengan tradisi Exit Briefing atau Apel Khusus yang dilanjutkan dengan Pembacaan Memorandum oleh Laksdya TNI Dr. Aan Kumia. Kemudian dilanjut dengan Pelantikan Kepala Bakamla RI di Istana Negara, kemudian upacara Sertijab dan terakhir di upacara Pelepasan dan Penyambutan Kepala Bakamla RI di Mabes Bakamla RI. 

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Untuk diketahui pula, Laksdya TNI  Irvansyah merupakan Perwira Tinggi (Pati) TNI AL yang mengawali karir militernya melalui pendidikan di Akademi Angkatan Laut (AAL) pada angkatan ke- XXXVI tahun 1990. Jenderal bintang tiga TNI AL itu pernah menjabat sejumlah posisi strategis di lingkungan TNI, diantaranya Panglima Komando Lintas Laut Militer (2020-2021), Panglima Komando Armada III ke-3 (2021-2023), hingga menduduki jabatan sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I)  di tahun 2023 sebelum penunjukan terakhirnya sebagai Kepala Bakamla RI di tahun yang sama.

Usai Upacara Sertijab, Laksdya TNI Irvansyah mengucapkan terima kasih kepada Kepala Bakamla RI yang lama, Laksdya TNI Aan Kurnia. Dia menegaskan, dirinya akan melanjutkan program yang sudah dibangun oleh Laksdya TNI Aan Kurnia selama tiga tahun memimpin Bakamla RI.

"Nanti saya akan melanjutkan yang sudah baik menyempurnakan selagi ada kekurangan dan meningkatkan kerja sama dengan instansi yang lain, baik dalam negeri maupun negara-negara tetangga," kata Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Irvansyah di Markas Bakamla RI, Jakarta Pusat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya