Paling Canggih di Dunia, Pemerintah Indonesia Resmi Beli Kapal Selam Penyelamat

Kapal Selam Penyelamat SRV-F Mk3
Sumber :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Jakarta – Saat ini Indonesia patut berbangga karena pemerintah melalui Kementerian Pertahanan RI baru saja memperbarui alutsista. Salah satu alutsista yang diperbarui adalah kapal selam penyelamat. Ada banyak hal menarik dalam kapal selam penyelamat tersebut. 

Mobil Sport Listrik Ini Akhirnya Bisa Dipesan, Harga Rp1,1 Miliar

Mulai dari desain interior di dalamnya yang sangat apik. Kemudian ada juga teknologi canggih yang dipakai untuk beroperasi. Alutsista tersebut berupa Submarine Rescue Vehicle System (SRVS), kapal selam yang dipakai untuk mengevakuasi awak kapal yang tenggelam.

Armada tersebut ditandatangani langsung dari galangan kapal Submarine Manufacture and Products (SMP) Ltd., sebuah produsen peralatan menyelam terkemuka di dunia asal Inggris. Kontrak ini telah diteken oleh Kemhan dan PT BTI Indo Tekno pada 1 September 2023. 

Ganas, Indonesia Hajar Inggris 5-0 di Thomas Cup

Kapal Selam SRV-F Mk3

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Kesepakatan ini mencakup penyediaan kapal selamat penyelamat dengan teknologi canggih SRV-F Mk3 serta kapal induk khusus yang dirancang untuk mendukung misi penyelamatan kapal selam darurat. SRV-F Mk3 mengusung konsep “One Out, All Out”. 

Pengakuan Jujur Anthony Ginting Usai Buka Keunggulan Indonesia Atas Inggris

Konsep tersebut diklaim sebagai sistem penyelamat kapal selam yang paling unggul di dunia. Armada ini akan dioperasikan oleh Komando Operasi Kapal Selam (Koopkasel) di bawah naungan Koarmada RI.

Kapal berawak ini bisa menyelamatkan seluruh kru kapal selam dalam satu kali perjalanan saja. Kapasitasnya mencakup 50 penumpang dan 3 kru operator. SRV-F Mk3 juga memiliki desain hybrid yang memungkinkannya untuk menggunakan mothership dan pesawat terbang. 

Kapal Selam Penyelamat SRV-F Mk3

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Alutsista canggih ini akan dibawa dengan sebuah mothership yang juga dilengkapi dengan berbagai perlengkapan canggih seperti “dedicated decompression chamber.” Mothership yang akan dioperasikan oleh satuan Kapal Selam ini akan bisa mendukung operasi penyelamatan kapal selam. 

Dengan penandatanganan kontrak SRVS untuk TNI AL, maka Indonesia bakal menjadi operator SRVS ketiga di kawasan, setelah sebelumnya jenis kapal selam penyelamat telah dioperasikan oleh Australia dan Singapura. 

Keharian SRV-F Mk3 ini mendongkrak kemampuan dan kesiapan tempur armada kapal selam di Indonesia. Kemudian akan menjadi pula keselamatan para kru yang mengoperasikan. Bobot kapal ini sekitar 30 ton dan bisa melaju dengan kecepatan 30 knots. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya