Cari Bibit Unggul, Marinir Gelar Kejuaraan Taekwondo Kasal Cup 2023

VIVA Militer: KSAL Muhammad Ali buka Kejuaraan Taekwondo Kasal Cup 2023
Sumber :
  • Dispen Kormar

Jakarta – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali hari ini secara resmi membuka kejuaraan Taekwondo Kasal Cup 2023 di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta Timur.

Kisah Nyata di Balik Rumah Bagus Pasukan Tengkorak dan Hadiah 5 Miliar dari Jenderal TNI Maruli

Kejuaraan Taekwondo itu digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Korps Marinir TNI Angkatan Laut yang diperingati setiap tanggal 15 November.

Ketika memimpin upacara pembukaan, KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan, selain untuk memperingati HUT Korps Marinir TNI AL ke-78 tahun, gelaran kejuaraan Taekwondo Kasal Cup 2023 bertujuan untuk mencari atlet-atlet Taekwondo berbakat yang nantinya dapat berkiprah dalam kejuaraan bela diri Taekwondo baik di tingkat nasional, maupun internasional.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Menurut Laksamana TNI Muhammad Ali, bela diri Taekwondo tidak hanya melatih fisik saja, namun juga dalam bidang mental dan spiritual juga mengajarkan tentang nilai disiplin serta pengendalian diri.

“Dalam rangka memajukan cabang bela diri khususnya Taekwondo, Korps Marinir menyelengarakan kejuaraan Kasal Cup Tahun 2023 sebagai bukti nyata akan komitmen TNI Angkatan Laut untuk mendukung program kerja pemerintah di bidang prestasi olahraga," kata Laksamana TNI Muhammad Ali saat membuka Kejuaraan Taekwondo Kasal Cup 2023 di Padepokan Pencak Silat, TMII Jakarta Timur, Jum'at, 6 Oktober 2023.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

VIVA Militer: Atlet Taekwondo unjuk kebolehan di Kasal Cup 2023

Photo :
  • Dispen Kormar

Lebih jauh Kasal berharap, Kejuaraan Taekwondo Kasal Cup yang diikuti oleh 1.240 atlet dari TNI, Polri, serta masyarakat umum itu dapat melahirkan talenta-talenta baru Taekwondo yang unggul dari kalangan prajurit TNI, Polri maupun komunitas Taekwondo secara umum yang dapat mengharumkan nama Bangsa Indonesia dalam berbagai ajang baik Nasional maupun kancah Internasional.

Untuk diketahui, kejuaraan ini digelar selama tiga hari kedepan mulai tanggal 6 sampai dengan 8 Oktober 2023. Jumlah total peserta tercatat sebanyak 1.240 atlet yang terdiri dari kalangan TNI, Polri, dan masyarakat umum baik atlet dewasa maupun atlet anak-anak (junior). Rencananya kejuaraan ini akan dibagi menjadi empat kategori. Kategori prestasi TNI/POLRI (Kyorugi/Poomsae), Pra Cadet (kelahiran 2012-2014), Cadet (kelahiran 2009-2011), Junior (kelahiran 2006-2008),  Senior (kelahiran 2005 Ke Atas), Poomsae Prestas dan kategori pemula Kyorugi serta kategori Poomsae.

Pantauan VIVA Militer di lapangan, usai membuka Kejuaraan Taekwondo Kasal Cup 2023, Laksamana TNI Muhammad Ali sempat menyaksikan demonstrasi atau penampilan beladiri Taekwondo yang ditampilkan oleh para atlet muda atau Taekwondoin asal DKI Jakarta. 

Laksamana TNI Muhammad Ali terlihat sangat menikmati penampilan jurus beladiri Taekwondo yang ditampilkan oleh delapan orang atlet yang terdiri dari empat orang wanita dan empat orang pria tersebut. Bahkan, orang nomor satu di Matra Angkatan Laut itu sempat mengambil telepon seluler pribadinya untuk mendokumentasikan dengan merekam jurus-jurus yang disuguhkan oleh para atlet Taekwondo asal DKI Jakarta itu.

Sejumlah Perwira Tinggi (Pati) TNI dan Polri turut hadir dalam Upacara Pembukaan Kejuaraan Taekwondo Kasal Cup 2023 tersebut, diantaranya adalah Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Nuralamsyah, Ketua Umum Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) yang saat ini menjabat sebagai Panglima Kogabwilhan III Letjen TNI Richard Tampubolon, Ketua Pengurus Taekwondo Indonesia Provinsi DKI Jakarta Mayjen TNI (Purn) Ivan Ronald Palealus, Panglima Koarmada RI Laksdya TNI Herru Kusmanto, Danpushidrosal Laksdya TNI Nurhidayat, Danpasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, serta pejabat utama Korps Marinir dan Mabesal lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya