Petani Menjerit Kesulitan, Mayjen TNI Bobby Kerahkan Ratusan Prajurit Kostrad Serbu Sungai Cibuaya

VIVA Militer: Panglima Divif 1 Kostrad, Mayjen TNI Bobby Rinal di Karawang.
Sumber :
  • Yonif PR 305 Tengkorak, Kostrad

VIVA – Dalam dua pekan terakhir ini, ratusan prajurit TNI terlihat memenuhi sekitar bantara Sungai Cibuaya di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Drone Bunuh Diri Iran Bombardir Suriah, Habisi Nyawa Warga Sipil

Prajurit-prajurit ini merupakan para kesatria dari Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Kostrad).

Mereka 'menyerbu' Sungai Cibuaya bukan buat plesiran dan mancing ikan. Tapi menjalankan misi penting kemanusiaan yang diperintahkan Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 1 Kostrad, TNI Angkatan Darat, Mayor Jenderal TNI Bobby Rinal Makmun.

Amerika: Pasukan Israel Takkan Mampu Habisi Hamas!

VIVA Militer: Panglima Divif 1 Kostrad, Mayjen TNI Bobby Rinal di Karawang.

Photo :

Jadi berdasarkan siaran resmi yang diterima VIVA Militer dari Penerangan Batalyon Infanteri Para Raider 305/Tengkorak, Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun mendapatkan informasi soal masalah besar yang sedang dihadapi petani di Karawang.

Biadab, Tentara Israel Hancurkan Puluhan Rumah Badui di Gurun Negev

Dalam beberapa waktu ini petani mengalami kesulitan mendapatkan air untuk mengairi area persawahan mereka karena air sungai yang tersendat akibat sampah. Dampak cukup fatal, proses penanaman padi terganggu. Ditambah lagi air sulit didapat akibat kemarau berkepanjangan yang sedang melanda.

VIVA Militer: Prajurit Kostad serbu Sungai Cibuaya, Karawang.

Photo :

Akhirnya Jenderal TNI mantan  Komandan Brigade Infanteri Para Raider 17/Kujang 1 Kostrad itu mengerahkan pasukan  Kostrad untuk mengatasi permasalahan yang dialami petani di lumbung padi nasional itu.

Prajurit pun bergerak ke aliran Sungai Cibuaya, selama dua pekan di bawah terik matahari mereka mengangkat semua sampah dari dalam sungai.

Selama dua pekan itu, kepolisian dan pemerintah setempat juga turun tangan bersama Kostrad. Akhirnya aliran Sungai Cibuaya sepanjang dua kilometer berhasil dibersihkan dari sampah.

VIVA Militer: Prajurit Kostad serbu Sungai Cibuaya, Karawang.

Photo :

Nah akhir pekan ini, Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun pun turun langsung melihat kondisi sungai dan memimpin langsung pembersihan sungai.

"Jadi, hari ini saya mewakili Bapak Pangkostrad. Sebenarnya Beliau berkenan datang ke sini. Namun perlu diketahui, Karya Bhakti yang dilaksanakan dalam rangka HUT TNI yang ke-78, khusus untuk jajaran Kostrad dilaksanakan di 3 tempat, di waktu yang hampir bersamaan. Saya senang bahwa apa yang kita lakukan bersama-sama, nanti akan memberikan manfaat yang luar biasa untuk masyarakat. Terakhir dari saya, apa yang sudah kita lakukan pada hari ini, mudah-mudahan bisa kita sama-sama jaga, sehingga manfaat yang kita rasakan hari ini tidak berhenti di hari ini, atau di minggu depan. Tapi kita bisa manfaatkan atau kita rasakan sampai dengan batas yang tidak ditentukan," kata Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun.

Wakil Bupati Karawang, Haji Aep Saepullah mengapresiasi kegiatan yang diusung oleh Kostrad ini. Beliau juga berharap agar ke depannya, kegiatan Karya Bhakti, yang kaya akan nilai manfaat ini, dapat dilaksanakan secara terus menerus setiap tahunnya. 

"Kami juga mengucapkan terima kasih. Dengan sangat mengapresiasi, mudah-mudahan nanti, Karya Bhakti yang Alhamdulillah hari ini dilaksanakan oleh Kostrad, di mana ulang tahun TNI yang ke-78, mudah-mudahan nanti, juga tahun yang akan datangpun sama, dapat membantu kami. Intinya, besar harapan kami, kegiatan yang menjadikan nilai manfaat kepada masyarakat ini, mudah-mudahan bisa menjadi keberkahan kepada kita semua. Terima kasih," ujar Haji Aep Saepullah.

VIVA Militer: Panglima Divif 1 Kostrad, Mayjen TNI Bobby Rinal di Karawang.

Photo :
  • Yonif PR 305 Tengkorak, Kostrad

Setelah aliran Sungai Cibuaya bersih, suplai air menuju area pertanian kembali lancar dan petani kembali bisa mengairi sawah untuk ditanami padi.

Selain meninjau kondisi sungai, Pangdivif 1 Kostrad juga menyempatkan diri menanam beberapa batang pohon untuk menghijaukan Karawang. Secara bersamaan Kostrad menggelar pengobatan gratis untuk masyarakat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya