Pemberontak OPM Papua Bunuh 7 Warga Sipil Penambang Emas, Ini Daftar Nama Korban

VIVA Militer: Kelompok Separatis Teroris (KST) Organisasi Papua Merdeka (OPM)
Sumber :
  • West Papuan Human Rights Defender News

Papua – Kelompok Separatis Teroris (KST) OPM Papua pimpinan Yotam Bugiangge kembali melakukan aksi biadab dengan membunuh tujuh orang warga sipil yang berprofesi sebagai penambang emas di areal Sungai atau Kali Ei Desa Mosomduba, Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo pada hari Senin, 16 Oktober 2023 lalu.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Johanis Parinussa mengatakan, ketujuh orang korban pembunuhan KST OPM pimpinan Yotam Bugiangge itu sudah berhasil dievakuasi oleh aparat gabungan TNI-Polri pada hari Selasa pagi, 17 Oktober 2023 sekitar pukul 07.40 WIT.

Kolonel Johanis menegaskan, aparat gabungan yang berhasil melakukan evakuasi para korban pembantaian pemberontak OPM itu terdiri dari Satuan Kodim 1715/Yahukimo dan Polres Yahukimo, Satgas Damai Cartenz dan Brimob Polda maupun Satuan Tugas (Satgas) TNI.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Kapendam menambahkan, proses evakuasi korban yang dilakukan aparat gabungan TNI-Polri juga sempat mendapatkan serangan atau gangguan dari kelompok separatis bersenjata (KSB) Papua tersebut.

"Dengan tetap meningkatkan kewaspadaan dari gangguan KST, pelaksanaan Evakuasi oleh Aparat TNI Polri berlangsung lancar, meskipun Tim Evakuasi mendapat gangguan tembakan dari gerombolan KST," kata Kapendam Cenderawasih Letkol Inf Johanis Parinussa dalam keterangan resminya, Rabu, 18 Oktober 2023.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Setibanya di lokasi Kali Ei, personel gabungan TNI-Polri langsung mengevakuasi para korban untuk dibawa ke RSUD Dekai untuk dilakukan proses identifikasi dan penanganan medis.

Dari informasi yang dihimpun, tujuh korban atau jenazah tersebut tewas karena mengalami luka akibat senjata tajam berupa parang dan panah serta mengalami luka tembak dan saat ini masih berada di ruang jenazah RSUD Dekai.

Tujuh jenazah korban yang berhasil dievakuasi ke RSUD Dekai adalah :

1. Alm. U (Laki-laki, 38, Buton)
2. Alm. M (Laki-laki, 36, Sanger)
3. Alm. An (Laki-laki, 32, Batak)
4. Alm. Ap (Laki-laki, 37, Bugis)
5. Alm. Ar (Laki-laki, 28, Timor)
6. Alm. S (Laki-laki, 24, Timor)
7. Alm. H (Laki-laki, 23, Bugis)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya