Budhi Phantom, Jenderal Penerbang Tempur TNI Melesat Jadi Panglima Komando Operasi Udara II

VIVA Militer: Marsda TNI Budhi Phantom Achmadi
Sumber :
  • Koopsud II

VIVA – Ada kabar baik datang dari Markas Komando Operasi Udara II, Makassar, Sulawesi Selatan, mantan komandan satuan tempur buru sergap Skadron udara 14 ke-21, Marsekal Muda TNI Budhi Achmadi alias Phantom baru saja melesat naik jabatan.

Kolonel Bayu Telah Resmi Lantik Raja Aibon Jadi Kesatria Tanah Wali, Dandim Purwakarta

Jenderal TNI Angkatan Udara pencetak rekor 2000 jam terbang dengan pesawat tempur F-5 Tiger dipercaya menggantikan Marsda TNI Andi Kuntoro untuk menjabat sebagai Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) II.

VIVA Militer: Marsda TNI Budhi Phantom Achmadi

Photo :
  • Koopsud II
Israel Bombardir Rafah, Puluhan Warga Gaza Tewas

Berdasarkan siaran resmi Penerangan Koopsud II dilansir VIVA Militer, Kamis 26 Oktober 2023, serah terima jabatan Pangkoopsud II dipimpin langsung  Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsdya TNI M Tonny Harjono di Lapangan Upacara Makoops Udara II.

Dalam serah terima jabatan itu, Marsdya TNI M Tonny Harjono mengingatkan bahwa jabatan Pangkoopsud II merupakan salah satu jabatan sangat penting di jajaran TNI Angkatan Udara.

TNI AL Kembali Diperkuat 2 Kapal Perang PC 40 Terbaru Buatan Dalam Negeri

VIVA Militer: Marsda TNI Budhi Phantom Achmadi

Photo :
  • Koopsud II

Sebab, Koopsud II merupakan satuan yang memiliki tanggungjawab berat untuk menjaga kedaulatan NKRI dari gangguan pihak lain. Koopsud II adalah satuan yang bertanggungjawab menjaga dan mengawasi wilayah udara bagian tengah yang berbatasan dengan negara-negara lain serta jalur lintas laut yang padat dan rawan.

"Untuk itu, Koopsud II dituntut untuk selalu menjaga kesiapsiagaan operasionalnya secara utuh, Guna mewujudkan tuntutan tersebut Koopsud II harus mampu memberikan efek penangkalan bagi pihak lain yang akan mengganggu keutuhan wilayah dan kedaulatan NKRI," ujar Mardya TNI M Tonny Harjono.

VIVA Militer: Marsda TNI Budhi Phantom Achmadi

Photo :
  • Koopsud II

Untuk diketahui, Marsda TNI Budhi 'Phantom' Achmadi sebelumnya berdinas di Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III dengan jabatan sebagai Kepala Staf.

Alumni Akademi Angkatan Udara 1994 peraih penghargaan Ati Tanggap Emas Kelas Elektronika ini juga pernah dipercaya untuk menjabat sebagai Wakil Asisten Operasi Panglima TNI. Sejak pertama kali terjun ke dunia militer, beliau sudah memilih karier sebagai penerbang tempur dan berdinas pertama kali di Skadron Udara 14 Tempur, Wing Udara 3. Ia bertugas di skadron ini cukup lama sampai puncaknya dipercaya untuk mengemban amanah sebagai Komandan Skadud 14.

Selama ini beliau paling sering ditugaskan di wilayah Indonesia bagian timur. Pada 2020, sang Phantom dipercaya menjabat Komandan Lanud Silas Papare Jayapura, kemudian Komandan Kosekhanudnas II Makassar.

Baca: Peristiwa Tak Diduga Terjadi di Markas Badak Hitam TNI, Letkol Panggul Tubuh Pratu Seorang Diri

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya