Sah, Laksdya TNI Erwin Resmi Jadi Orang Nomor Dua di Mabesal

VIVA Militer: KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali pimpin Sertijab Wakasal
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta – Laksamana Madya (Laksdya) TNI Erwin S. Aldedharma hari ini resmi menjabat Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) atau orang nomor dua di Matra Laut.

Nekat Terobos Masuk Kompleks Militer Halim, Geng Motor Bersajam Ditangkap Prajurit TNI

Pengukuhan Laksdya TNI Erwin menjadi Wakasal itu dilaksanakan melalui upacara militer Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali di Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur.

"Hari ini jabatan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) secara resmi diserahterimakan dari Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono kepada Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedarma," kata KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali usai memimpin upacara militer di Mabesal, Selasa, 31 Oktober 2023.

Pesan Jokowi ke Menko PMK Muhadjir: Gudang Pangan di Papua Diisi Makanan Khas Lokal

Laksamana TNI Muhammad Ali menambahkan, Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma ditunjuk menjadi Wakasal karena Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono yang akan memasuki masa purna tugas sebagai prajurit aktif TNI AL (pensiun) pada tanggal 1 November 2023 besok.

Lebih jauh lagi Kasal menegaskan, bahwa pergantian jabatan Wakasal merupakan proses regenerasi yang terjadi di lingkungan TNI. 

Microsoft Tak Bakal Nyesel Investasi di Indonesia, Luhut: Saya Janji

Kasal juga menyatakan bahwa penunjukan Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma sebagai Wakasal menggantikan Laksamana TNI Ahmadi Heri Purwono dilakukan berdasarkan penilaian dan persetujuan pimpinan tinggi, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Presiden RI Joko Widodo.

"Pelaksanaan Sertijab ini kegiatan rutin namun ini juga hasil dari penilaian pimpinan TNI, jadi bukan hanya pimpinan TNI angkatan Laut dan juga pimpinan TNI menilai dan juga dibawa oleh beliau ke hadapan Bapak Presiden dan Bapak Presiden Jokowi menyetujui untuk jabatan Wakasal berikutnya adalah dijabat oleh Laksamana Madya Erwin S. Aldedarma," ujar Kasal.

Sebagaimana diberitakan VIVA Militer sebelumnya, penunjukan Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma sebagai Wakasal dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1223/X/2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI yang ditandatangani Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono pada tanggal 26 Oktober 2023. 

Untuk diketahui, Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma bukanlah orang asing di lingkungan TNI AL. Pati TNI AL lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan XXXVII/tahun 1997 itu tercatat memiliki karir militer yang sangat luar biasa di lingkungan TNI Angkatan Laut.

Pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur itu pernah menduduki sejumlah jabatan strategis di lingkungan Matra Laut. Diantaranya adalah, Kepala Staf Koarmada I, Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil), Wakil Komandan Jenderal (Wadanjen) Akademi TNI, kemudian Panglima Komando Armada I , dan terakhir Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya