TNI AD Kirim 50 Truk Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Perang Gaza

VIVA Militer: UAH menyerahkan bantuan untuk korban perang Gaza ke KSAD
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto hari ini melepas keberangkatan 50 Truk bantuan kemanusiaan untuk korban perang Gaza, Palestina.

Sosok Jenderal Kopassus di Balik Operasi 20 Menit Rebut Homeyo dari Tangan OPM

50 truk bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina itu terdiri dari pakaian, beras, mie instan, susu, selimut, air mineral, hingga pakaian khusus wanita.

Jenderal TNI Agus Subiyanto mengatakan, bantuan kemanusiaan yang hari ini dikirim berasal dari keluarga besar Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad) dan sejumlah masyarakat yang peduli dan prihatin dengan situasi yang terjadi di Palestina hari ini.

Acara Met Gala Berlangsung, Pengunjuk Rasa Pro-Palestina Penuhi Jalanan New York

Bantuan-bantuan tersebut, lanjut Kasad, secara simbolis diserahkan kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), yang nantinya Baznas akan menyalurkan bantuan kemanusiaan tersebut kepada warga Palestina yang terdampak dari perang antara Hamas dan Israel.

"Mekanismenya (pengiriman) nanti mungkin seperti yang kemarin dilakukan oleh pemerintah yang dilakukan oleh Pak Presiden, langsung kita bawa menggunakan Hercules," kata KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto di Mabesad, Jakarta Pusat, Rabu, 8 November 2023.

Kolonel Bayu Telah Resmi Lantik Raja Aibon Jadi Kesatria Tanah Wali, Dandim Purwakarta

"Mudah-mudahan apa yang kita berikan ke sana bisa bermanfaat. Di sini ada makanan, ada minuman, ads juga pakaian, selimut. Kebutuhan dari orang tua dan sampai anak-anak sampai bayi. Kita kirim ke sana," tambahnya.

VIVA Militer: KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto mengecek bantuan kemanusiaan Gaza

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer

Sementara itu, Ustaz Adi Hidayat (UAH) yang turut hadir mendampingi Jenderal Agus dalam pelepasan bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina itu mengungkapkan, pengiriman bantuan untuk warga Palestina ini merupakan bentuk nyata kecintaan seluruh rakyat Indonesia dengan warga Palestina. 

Dia mengungkapkan, pengumpulan bantuan untuk warga Palestina yang dilakukan oleh dirinya bersama Kasad Jenderal TNI Agus Subiyanto tergolong sangat cepat. 

Hal itu membuktikan bahwa sinergitas antara pemerintah, TNI AD, serta seluruh elemen masyarakat Indonesia berjalan dengan baik.

"Jadi mohon dicatat bahwa yang pertama kegiatan ini untuk menunjukkan unsur sinergitas dan khusus dari TNI juga mengimplementasikan TNI Manunggal Bersama Rakyat," kata Ustaz Adi Hidayat.

"Kita membersamai juga bersama pemerintah dan unsur-unsurnya untuk bisa menunjukkan kekompakan di dalam, selain perhatian di dalam negeri, juga amanat undang-undang untuk membawa nama Indonesia ke luar negeri dalam hal ini Palestina," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, UAH juga secara simbolis menyerahkan donasi masyarakat yang disalurkan melalui dirinya sebanyak Rp10 miliar kepada Kasad Jenderal TNI Agus Subiyanto yang kemudian langsung diserahkan kepada Ketua Baznas RI Prof Dr KH Noor Achmad, MA yang turut hadir dalam pelepasan bantuan kemanusiaan untuk korban perang Gaza tersebut.

"Dari kami terkumpul Rp10 miliar. Sesungguhnya ada Rp24,3 miliar. Jadi Rp14,3 miliarnya sudah kami titipkan lewat Baznas melalui MUI bersama kemarin Rp25 miliar. Jadi totalnya dari kami ada Rp24,3 miliar membersamai program dari TNI. Dan dari barang-barangnya alhamdulillah dari Mabes AD," kata salah satu dai kondang itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya