Pengamat: Era Kiamat Mobil Bensin Semakin Dekat

Ilustrasi kemacetan di Puncak Bogor
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

VIVA – Mobil dengan energi listrik akan menjadi kendaraan di masa depan. Alat transportasi ini juga diprediksi akan menggantikan mobil yang menggunakan bahan bakar minyak.

Mobil Baru BYD Rp160 Jutaan Tersedia di Diler

Menurut Pengamat Otomotif dari Institut Teknologi Bandung, Yannes Martinus, akhir era mobil dengan mesin bakar sudah semakin dekat, karena pengaruh ketersediaan bahan bakar minyak yang semakin menipis.

"Prediksi dunia, jika tidak ditemukan lagi sumber tambang minyak bumi laut dalam, pada tahun 2040-an minyak bumi habis. Artinya, semua kendaraan yang menggunakan motor bakar/ berbahan bakar fosil akan mangkrak," kata Yannes kepada VIVA, Jumat 25 Mei 2018.

Neta Siapkan Fasilitas Mudik Lebaran untuk Konsumen

Jika dihitung secara kasar, kata dia, maka hal ini akan terjadi sekitar 22 tahun lagi. Tak heran, jika banyak negara yang mulai berpikir untuk membuat kendaraan dengan sumber energi terbarukan.

"Sekitar 22 tahun dari sekarang, tidak ada lagi bahan bakar untuk menggerakkannya (mobil mesin konvensional). Yang lebih parah lagi, Eropa sudah memutuskan untuk tidak memproduksi mobil bermesin BBM, terhitung sejak tahun 2024 atau enam tahun dari sekarang. Artinya, era kiamat mobil BBM lebih dekat lagi," kata dia. (mus)

PLN Borong 10 Ribu Unit Mobil Listrik BYD
Neta V

Mobil Listrik Neta V akan Pakai Baterai LFP Buatan Lokal

Hari ini, Neta resmi menjalin kerja sama dengan PT Gotion Green Energy Solutions Indonesia untuk penyediaan baterai mobil listrik

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024