Tanjakan Kenteng masih Kalah dari Puncak

Polisi berusaha membantu mobil yang mundur lagi di tanjakan Tol Salatiga.
Sumber :
  • Repro Twitter

VIVA – Para pemudik yang ingin menuju Solo dari arah utara mempunyai pilihan untuk melintasi jalur fungsional Salatiga-Kartsura.

Long Weekend di Puncak Bogor, Polisi Imbau Warga Waspada Kabut Tebal Saat Berkendara

Namun yang jadi perhatian dari jalur fungsional itu adalah, Jembatan Kali Kenteng yang berada di jalur tersebut mempunyai kemiringan 7,24 derajat.

Selain tanjakan, permukaan jalannya masih beton dan berpasir. Oleh sebab itu, beberapa instansi terkait, mengimbau agar pemudik waspada dan hati-hati, terutama bagi yang menggunakan mobil berkapasitas mesin kecil.

Polisi Siapkan Jalur Alternatif Puncak Bogor saat Libur Lebaran

Imbauan itu mendapat tanggapan dari Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi. Ia mengatakan, tidak masalah mobil bermesin kecil melintas tanjakan dengan sudut elevasi tujuh derajat.

Sorot Jalur Mudik - Jalur wisata Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Puncak Bogor Diselimuti Kabut Tebal, Wisatawan Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem

 “Karena, Puncak saja di posisi tertentu ada yang sembilan derajat. Saya pernah mengukur di salah satu titik. Kemiringan jalan itu ada aturannya, enggak boleh lebih dari 10 derajat,” ujarnya kepada VIVA, Senin 11 Juni 2018.

“Menurut saya, torsi Ayla itu galak. Saya pernah coba tanjakan lebih terjal dari itu, bisa pakai transmisi manual. Jadi intinya, kalau info dari Jasa Marga benar 7,24 derajat, berarti tidak masalah,” tuturnya menambahkan.

Arus lalu lintas Puncak Bogor padat hingga Jumat Malam.VIVA/Muhammad AR

Hindari Jalur Puncak, Ada Pemberlakuan Oneway Lebih Lama 2 Kali Sehari dan Titik Gage Ditambah

Masyarakat yang mudik dengan melintasi atau berwisata ke wilayah Puncak, Bogor, Jawa Barat diimbau sebaiknya mencari jalur alternatif.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024