Pemerintah Klaim SNI Pelumas Tidak Susah Didapatkan

Penggantian pelumas wajib dilakukan di bengkel resmi atau terpercaya
Sumber :

VIVA – Pemerintah akan menerapkan Standar Nasional Indonesia untuk semua jenis pelumas kendaraan yang dijual di Tanah Air, tahun ini. Nantinya, merek oli dari luar negeri wajib memiliki logo SNI. Namun, sampai sekarang regulasi itu masih jadi perdebatan.

Ganti Oli Mesin Sebaiknya Sebelum atau Sesudah Mudik?

Direktur Jenderal Industri Kimia, Tekstil dan Aneka Kementrian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono mengatakan, pemerintah menerapkan SNI agar konsumen mendapat produk dengan kualitas terjamin. Karena, pengujian SNI sama dengan internasional.

"Yang jelas, kami melindungi masyarakat saat memperoleh produk kualitasnya terjamin, sesuai dengan standar. Dan standar itu (SNI) kami akomodasi dari internasional. Parameter kami dari API (American Petroleum Institute) di Amerika dan Eropa," ujarnya di Bekasi, Jawa Barat, Rabu 15 Agustus 2018.

Motul Luncurkan Oli yang Cocok dengan Karakter Mesin Kawasaki

Oleh sebab itu, ia mengklaim produsen pelumas kendaraan tidak akan kesulitan mendapatkan sertifikat SNI. Sigit mencontohkan, Shell yang sudah menerapkan standar internasional, hanya butuh waktu beberapa bulan untuk mendapat sertifikat SNI.

"Iya (lebih mudah dari internasional jadi SNI). Jadi, tujuan SNI untuk meningkatkan kualitas produksi, industri di dalam negeri. Di samping itu, mengamankan masyarakat mendapat produk-produk sesuai kualitasnya," tuturnya.

Ini Alasan Mengapa Oli Mesin Butuh Zat Tambahan atau Aditif
Ilustrasi oli kendaraan bermotor

Teknologi Ini Bikin Pemilik Kendaraan Tak Perlu Sering Ganti Oli

Keunggulan inovasi baru tersebut terletak pada kemampuannya memberikan daya tahan lebih baik pada oli.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024