Bikinnya Enggak Susah, AMMDes Ditargetkan Jadi Produk Ekspor

Kendaraan AMMDes
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – PT Kreasi Mandiri Wintor Distributor atau KMWD, siap memasarkan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan. Alat angkut serbaguna tersebut sedang dalam tahap produksi, setelah hadir dalam wujud purwarupa beberapa waktu lalu. 

Kendaraan Penanganan Bencana Buatan RI Bakal Mendunia

Presiden Direktur KMWD, Rio Sanggau mengatakan, AMMDes akan hadir dalam berbagai model, untuk menyesuaikan kebutuhan masyarakat, khususnya di wilayah pedesaan.

"Sudah diuji coba dan dipakai untuk bantuan bencana di Palu, untuk penjernih air. Kemudian, di Muntilan untuk selep padi, di Tanggamus, Lampung untuk panen pisang," ujarnya di Jakarta, Selasa 25 Juni 2019.

Modifikasi yang Satu Ini Bukan Cuma Gaya, tapi Ada Manfaatnya

Saat ini, kata Rio, pihaknya bersama Kementerian Perindustrian sedang merumuskan kebutuhan AMMDes yang bisa dipakai di perdesaan. Setelah itu, unit akan dijual secara retail.

Tidak hanya dipasarkan di dalam negeri, mereka juga menargetkan produk tersebut bisa menembus pasar manca negara. 

'Kendaraan Pak Tani' Buatan Indonesia Dikirim ke Afrika

"Sebetulnya enggak sulit (proses pembuatannya). Tetapi, untuk membuat alat angkut ini perlu pengaturan pabrikan dari sisi kualitas, kuantitas dan lain sebagainya," tuturnya.

Terkait harga, AMMDes ditawarkan dengan harga Rp70 juta. Banderol tersebut, kata dia, cukup sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

"Basisnya harga Rp70 juta, nanti kan ditambah alat aplikasinya, tergantung juga mau buat apanya. Ini Rp70 juta bentuknya flat deck," jelasnya. (yns)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya