Servis di Bengkel Resmi Suzuki, Jangan Kaget Jika Ada yang Berubah

Logo Suzuki
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Suzuki dikenal sebagai salah satu pabrikan otomotif asal Jepang, yang produknya dijual di seluruh dunia. Saat pertama berdiri, mereka bergerak dalam bidang pembuatan mesin tenun.

Harga Suzuki Jimny 5 Pintu Ternyata Mengalami Kenaikan, Cek Harga Terkini

Suzuki hadir di Indonesia sejak 1976, dan memiliki kantor operasional di Pulo Gadung, Jakarta Timur. Memasuki era 80-an, produsen mobil dan sepeda motor ini mendirikan pabrik perakitan di Tambun, Jawa Barat.

Ternyata, tahun 1980-an juga menjadi awal bagi Suzuki untuk menghadirkan produk pelumas. Diberi nama Ecstar, oli tersebut dijual secara eksklusif hanya di pasar Jepang saja. Namun pada 2015, Ecstar menjadi sebuah merek pelumas besar dan mulai dipasarkan di seluruh dunia.

Suzuki Jimny 5 Pintu Mulai Dikirim ke Konsumen

Spare Part Department Head PT Suzuki Indomobil Motor, Ignatius Ratrianto mengatakan, secara perlahan Ecstar menggantikan produk Suzuki Genuine Oil (SGO), yang selama ini digunakan oleh konsumen mereka.

Baca Juga: Suzuki Bakal Hadirkan yang Beda dari Jimny

Pompa Bensin Jimny Bermasalah, Suzuki Tidak Sendirian

“Secara bertahap, SGO akan berubah menjadi Ecstar. Sehingga, nantinya semua oli Suzuki akan menjadi Ecstar, yang menandakan bahwa oli ini memenuhi standar internasional yang digunakan Suzuki di dunia,” ujarnya di Jakarta, Rabu 12 Februari 2020.

Ignatius menjelaskan, Ecstar yang dipasarkan di Tanah Air menggunakan produk dalam negeri, tapi kualitasnya sudah dibuat sedemikian rupa agar sesuai standar mereka.

“Ecstar mengandung bahan Molibdenum, yang berfungsi membentuk lapisan di atas permukaan metal dalam mesin. Gunanya, mengurangi gesekan sehingga kinerja mesin lebih optimal dan hemat bahan bakar,” tuturnya.

Nantinya, semua mobil Suzuki di Indonesia akan memakai pelumas tersebut. Namun, saat ini Ecstar baru tersedia untuk kendaraan yang dibuat dalam kurun waktu tertentu saja.

"Ecstar yang sudah kami luncurkan, adalah untuk mobil Suzuki tipe baru, sejak Ertiga tahun 2012. Untuk mobil tipe lama, saat ini masih menggunakan SGO. Akan berganti Ecstar secara bertahap, sampai akhir 2020," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya