Soal Koleksi Mobil, Mantan Menko Rizal Ramli Ternyata Berpaling Hati

Rizal Ramli
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Nama mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli kembali menjadi sorotan. Saat hadir di acara Indonesia Lawyer Club di tvOne, ia memuji Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, karena telah menunda pembelian alutsista.

Jenderal TNI yang Ingin Bubarkan FPI, Mobilnya Indonesia Banget

Menurut Rizal, langkah Prabowo itu perlu diapresiasi, karena bisa menghemat anggaran negara, yang saat ini sedang dibutuhkan untuk menghadapi bencana virus COVID-19.

“Dia menghemat Rp50 triliun. Biasanya, mark-up alutsista itu ratusan persen, ada yang ribuan persen. Dia maksimum 10 persen, di atas 10 persen dia enggak mau tanda tangan,” ujarnya, dikutip dari 100kpj, Kamis 23 April 2020.

Kerennya Mobil dan Motor Menkes Terawan

Sebelumnya, nama Rizal juga mencuat lantaran melontarkan kritik terhadap salah satu staf khusus milenial Presiden Jokowi, Andi Taufan Garuda Putra, terkait surat Andi kepada para camat untuk menjadi bagian dari kerja sama Relawan Desa melawan COVID-19.

Baca juga: 1.000 Hari Bersaing dengan Merek Jepang, Ini Hasil Wuling Indonesia

Positif COVID-19, Begini Isi Garasi Menteri Agama Fachrul Razi

Menurutnya, Andi Taufan masih muda, tapi tidak tahu malu dan payah. Bukan hanya itu, ia juga mempertanyakan Andi belajar dari mana.

Rizal bukan orang baru di panggung pemerintahan. Sebelum menjabat sebagai menko, ia pernah dipercaya menjadi Kepala Badan Urusan Logistik , Menteri Koordinator bidang Perekonomian, serta Menteri Keuangan.

Soal koleksi kendaraan, pria berusia 65 tahun itu ternyata tidak neko-neko. Menurut laporan kekayaan yang diserahkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi pada 2015, ia diketahui pernah memiliki dua mobil Honda, salah satunya sedan Accord.

Namun, dua kendaraan itu dijual, dan diganti dengan dua unit mobil merek Toyota. Satu adalah sedan Camry, sementara yang satu lagi sport utility vehicle Harrier. Total nilai dua mobil tersebut, yakni Rp370 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya