Tips Mengumpulkan Uang untuk Beli Mobil

Ilustrasi membeli mobil.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pengin banget punya mobil? Anda tentu perlu menyiapkan dana untuk bisa membelinya. Mobil termasuk aset bernilai tinggi dan butuh uang banyak untuk membelinya.

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Sehingga sangat penting untuk merencanakan pembelian mobil ini dengan baik sejak awal. Jangan sampai rencana keuangan tidak mendukung untuk bisa membeli mobil.

Jika Anda sudah benar-benar mempertimbangkan dengan matang dan memutuskan untuk membeli, maka pastikan Anda melakukannya dengan cara yang tepat. Sehingga rencana beli mobil bisa berjalan dengan lancar.

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

Anda perlu mempersiapkan dana tabungan untuk kebutuhan yang satu ini terlebih dahulu, mengingat harga mobil tidak bisa dianggap murah. Siapkan dana dalam jumlah yang tepat, sehingga mobil impian Anda bisa segera dibawa pulang.

Jika saat ini keuangan Anda belum mencukupi untuk membeli mobil, coba lakukan tips mengumpulkan uang buat beli mobil berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com.

Tak Banyak yang Tahu, Ini Saat Tepat untuk Punya Asuransi Jiwa

1. Tentukan Jenis Mobil yang Diinginkan

Mobil apa yang selama ini sangat Anda ingin beli? Pilih yang sekiranya harga mobil tersebut sesuai dengan kemampuan keuangan Anda.

Pilih jenis mobil dengan mempertimbangkan kebutuhan biaya perawatan yang dibutuhkan untuk kategori mobil tersebut, harga jual kembali di masa yang akan datang, biaya asuransi, dan lainnya.

Selain itu, sesuaikan juga jenis mobil ini dengan kebutuhan Anda. Ini penting agar pembelian mobil yang Anda lakukan benar-benar memberikan manfaat maksimal bagi Anda.

2. Jangan Lupa Melakukan Riset yang Diinginkan 

Mulailah melakukan riset kecil-kecilan. Carilah informasi tentang mobil yang Anda inginkan, termasuk rekomendasi dari orang-orang terdekat Anda terkait dengan rencana Anda tersebut.

Semua ini akan memberikan Anda gambaran yang lebih jelas. Sehingga Anda bisa mengambil keputusan terbaik dan memilih mobil yang paling tepat yang sesuai kebutuhan serta kemampuan keuangan Anda.

3. Tentukan Berapa Bujet yang Dibutuhkan

Langkah berikutnya adalah menentukan jumlah bujet yang Anda miliki untuk memenuhi kebutuhan yang satu ini. Ingat, Anda harus melihat kemampuan keuangan Anda untuk membeli sebuah mobil, bukan melihat mobil apa yang Anda ingin beli saja.

Ini menjadi poin yang sangat penting dan akan memengaruhi kesuksesan pembelian mobil yang akan Anda lakukan. Saat ingin membeli mobil, maka Anda setidaknya harus mempersiapkan tabungan untuk membayar uang mukanya terlebih dahulu.

Hal ini berlaku untuk semua jenis mobil, baik itu mobil bekas atau bahkan yang akan Anda beli dalam kondisi masih baru. Jumlah uang muka ini minimal 20% dari harga mobil yang Anda inginkan.

Jika bujet Anda tidak mencapai jumlah tersebut, maka harga mobil yang Anda incar tentu terlalu mahal. Selain itu, hitung juga besarnya cicilan yang harus Anda bayarkan, sebab Anda harus memastikan bahwa keuangan cukup kuat untuk menanggung cicilan mobil ini setiap bulannya.

Idealnya masa cicilan adalah maksimal selama 4 tahun saja. Namun jika keuangan Anda tidak bisa menanggung besaran cicilan untuk masa 4 tahun ini, maka kemungkinan harga mobil tersebut memang terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. 

4. Tentukan Mobil yang Jadi Target Anda 

Sudah menentukan bujet dan juga jenis mobil dengan tepat, maka Anda tentu tinggal merealisasikan rencana ini secepatnya. Berapa dana yang sudah Anda miliki sekarang dan kapan seluruh dana uang muka tersebut bisa terkumpul?

Kedua pertanyaan ini tentu harus dijawab dengan baik, agar Anda bisa menentukan waktu yang paling tepat untuk membeli mobil impian Anda tersebut. Alokasikan dana pembelian mobil Anda dalam tabungan khusus, sehingga Anda tidak mencampur adukkannya dengan dana lainnya. 

Bukan hanya uang mukanya saja, perhitungkan juga cicilannya di masa yang akan datang. Cek kembali besaran cicilan yang akan Anda bayarkan dan sesuaikan dengan besaran penghasilan yang bisa Anda alokasikan untuk kebutuhan tersebut.

Pastikan Anda sudah benar-benar siap dan memilih jumlah cicilan yang paling tepat, sehingga kelak Anda tidak mengalami kesulitan untuk melunasinya. 

5. Cermatlah dalam Memilih dan Membeli Mobil

Jika dana Anda sudah cukup, segera lakukan pembelian mobil Anda dengan cara yang tepat. Bila Anda membeli mobil bekas, maka mintalah bantuan kepada orang yang berpengalaman dan bisa dipercaya untuk mengecek kondisi mobil tersebut secara detail.

Hal ini penting, untuk memastikan Anda membeli mobil yang tepat dan sesuai dengan bujet yang Anda keluarkan untuk kebutuhan tersebut.

Dapatkan Mobil Idaman dengan Cara yang Tepat

Bagi Anda yang berencana membeli mobil dalam waktu dekat, pastikan Anda mempersiapkan dana yang memadai untuk kebutuhan yang satu ini. Rencanakan dan siapkan tabungan Anda dalam jumlah yang tepat.

Selain itu, pilih mobil yang sesuai dengan bujet dan juga kebutuhan Anda, sehingga pembelian yang Anda lakukan bisa memberikan manfaat yang maksimal bagi Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya