Sirkuit Sentul Gempar, Balapan Buyar Gara-gara Penyusup

Seekor sapi masuk ke Sirkuit Sentul.
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Tidak kalah dengan negara tetangga, Indonesia juga memiliki arena balap berstandar internasional, yakni Sirkuit Sentul yang berlokasi di Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.

Puluhan Orang Didenda Gara-gara Mencuci Mobil

Resmi dibuka pada 1993, arena ini terdiri dari dua lintasan, yakni sirkuit utama dengan panjang 3,9 kilometer dan 11 tikungan serta lintasan balap gokart yang memiliki panjang 1,2 kilometer dan 14 belokan.

Lintasan yang lebih pendek memiliki nama asli Sentul International Karting Circuit atau SIKC, namun yang biasa datang ke tempat tersebut menyebutnya sebagai Sentul Kecil.

2 Angkot Biru Ini Jadi Viral di Media Sosial

SIKC diresmikan pada 1994, dan fasilitas yang diberikan hampir mirip dengan lintasan balap pada umumnya, termasuk paddock dan tribun penonton.

Selain digunakan untuk balap gokart, arena ini juga sering dimanfaatkan untuk adu cepat motor yang kapasitas mesinnya kurang dari 250cc.

Cara Pemotor Hindari Basah saat Hujan Ini Bikin Warganet Tersenyum

Sayangnya, kondisi pengamanan di komplek sirkuit yang jaraknya sekitar 500 meter dari Sentul International Circuit tersebut saat ini tidak memadai. Lintasan hanya dikelilingi oleh pagar, yang kondisinya rusak di beberapa titik.

Seekor sapi masuk ke Sirkuit Sentul.

Photo :
  • Tangkapan layar

Karena lokasi tersebut berada dekat dengan pemukiman penduduk, maka tidak mengherankan apabila orang dengan mudah masuk ke area rumput, yang seharusnya kosong karena disediakan khusus untuk antisipasi jika ada pembalap yang keluar jalur.

Bahkan, para pembalap juga dihebohkan dengan kehadiran penyusup yang tiba-tiba membuat jalannya acara menjadi kacau. Seperti dilansir VIVA Otomotif dari laman Instagram @agoez_bandz4, Rabu 28 Juli 2021.

Dalam rekaman yang diunggah, tampak para pembalap harus menghentikan laju kuda besi mereka karena mendadak muncul seekor sapi yang berlari cukup kencang di lintasan.

Terlihat seseorang di sisi samping berusaha mengejar hewan tersebut, yang berlari melawan arah menuju area paddock dan gerbang keluar.

“Kenapa di sirkuit sentul ada sapi?” tanya warganet sembari tertawa.

“Biawak nyebrang di sentul udah biasa. ini sih luar biasa,” tulis warganet lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya