Keren, Langit India Bakal Berseliweran Mobil Terbang

Vinata Aeromobility mobil terbang dari India
Sumber :
  • Zeenews

VIVA –  Mobil terbang hybrid pertama di Asia berhasil dikembangkan oleh sebuah perusahaan startup asal Chennai, India. Mobil terbang yang menggabungkan tenaga listrik dan mesin konvensional itu dinamai Vinata Aeromobility.

3 Mobil Terbang yang Siap Mengudara dan Sudah Bisa Dipesan

Seperti dikutip VIVA Otomotif dari Zeenews, Kamis 23 September 2021, Vinata Aeromobility ini bisa menggunakan bahan bakar nabati. Mobil terbang ini akan diperkenalkan pertama kali di Helitech Expo 2021 di ExCel London, Inggris, Oktober mendatang.

Resmi Dapat Sertifikat, Mobil Terbang Siap Dijual Tahun 2024

Peluncuran bakal dihadiri oleh Menteri Penerbangan Sipil India, Jyotiraditya Scindia. Jyotiraditya mengaku bangga dengan adanya mobil terbang hybrid ini, yang bakal memiliki tugas penting ke depannya.

"Senang telah diperkenalkan dengan model konsep mobil terbang Hybrid Pertama di Asia yang akan segera menjadi mobil terbang oleh tim muda Vinata AeroMobility. Setelah ini lepas landas, mobil terbang akan digunakan untuk mengangkut orang & kargo, serta untuk menyediakan layanan darurat medis,” kata Jyotiraditya.

China Bikin Mobil Terbang yang Harganya Terjangkau

Perusahaan Chennai sendiri memang memiliki ilmuwan luar angkasa terkemuka dari ISRO, Dr A.E. Muthunayagam sebagai penasihat utama mereka. Mobil terbang Vinata dilengkapi panel instrumen digital dengan kecerdasan buatan (AI).

Vinata juga ada pelacak GPS, kanopi jendela panorama yang menawarkan pemandangan 360 derajat, hingga sistem hiburan. Untuk spesifikasinya, Vinata ditenagai baterai listrik dan mendapat Hybrid Electric VTOL (Vertical Take-Off Landing).

Jadi pesawat lepas landas dan mendarat secara vertikal nantinya. Untuk kecepatan, mobil terbang ini diklaim bisa melaju 100-120 km/jam, dan waktu penerbangan selama 60 menit dengan ketinggian 3000 kaki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya