Polisi Amankan Mobil yang Sudah Modifikasi Tangki Bensin

Polisi amankan mobil yang diduga menimbun BBM
Sumber :
  • Antara Foto

VIVA Otomotif – Di saat bahan bakar minyak atau BBM bersubsidi tengah mahal, ada aja oknum-oknum yang coba untuk menimbunnya guna cari keuntungan lebih. Seperti yang terjadi di Papua dengan cara memodifikasi tangki bensin pada kendaraannya.

Jadwal Mobil SIM Keliling Jakarta dan Tangsel Minggu 19 Mei 2024

Kepolisian Resor Jayawijaya, Polda Papua mengamankan lima unit mobil yang diduga sebagai kendaraan penimbun BBM pada Rabu 7 September 2022. Sementara sehari sebelumnya, para petugas ini sudah mengumpulkan 10 unit kendaraan dengan dugaan kasus serupa.

AKBP Hesman Napitupulu, Kapolres Jayawijaya di Wamena menyatakan bahwa kendaraan yang diamankan memiliki tangki modifikasi. Kendaraan-kendaraan yang diciduk ini mengatre di Agen Premium dan Minyak Solar (APMS) untuk mendapatkan BBM Subsidi.

Misteri Seorang Pria Nekat Gorok Leher Sendiri di Tangerang

"Dari razia di tiga lokasi, kami berhasil mengamankan lima mobil yang memiliki tangki BBM telah dimodifikasi, serta dua unit motor yang nomor polisinya telah diganti untuk mengantre BBM," jelas AKBP Hesman Napitupulu, seperti dilansir dari Antara.

Kendaraan yang terkena razia tersebut akhirnya diberikan sanksi berupa tilang demi berikan efek jera. Pasal yang diberikan adalah pasal 307 Jo 169 ayat (1) UU LLAJ No.22 Tahun 2009.

Polisi Sebut Kernet Bus Maut di Subang Bisa Saja Jadi Tersangka

Yakni soal, tentang tata cara pemuatan barang, di mana tidak memenuhi ketentuan tata cara pemuatan, daya angkut serta dimensi kendaraan dan dapat dikenai sanksi denda sebesar Rp500 ribu. Beruntung, para pelanggar ini ditangkap sebelum mengisi BBM atau dalam posisi mengantre untuk mendapatkan BBM.

"Kami akan terus melakukan penertiban terhadap pengantre BBM di APMS," kata AKBP Hesman Napitupulu.

Razia yang melibatkan Subdenpom Wamena ini dipimpin AKP Frets Lamahan, Kasat Samapta Polres Jayawijaya dan Ipda Ihlas, Kasat Lantas Polres Jayawijaya.  Mobil-mobil dengan tangki telah dimodifikasi tadi diduga membeli BBM subsidi dengan harga terjangkau di APMS.

Kemudian dijual di luar dengan harga lebih mahal. Sementara dalam razia sehari sebelumnya atau Selasa, di APMS Lasminingsih, Jalan Hom-Hom, personel Kepolisian Resor Jayawijaya, Polda Papua menahan 10 mobil dan pengendaranya karena diduga pelaku penimbun BBM Subsidi.

Berdasarkan pantauan sesaat setelah pemerintah menaikkan harga BBM, jumlah kendaraan yang mengantre di APMS bertambah banyak. Sebelumnya Polres Jayawijaya menyiagakan personel di seluruh APMS untuk mengantisipasi aksi melanggar hukum yang dilakukan masyarakat sebagai respon atas kenaikan BBM di Tanah Air.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya