Sudah Punya Motornya! Baru Tahu Arti Nama NMAX dan PCX Ternyata Ini

Yamaha NMAX di IMOS 2023
Sumber :
  • Arianti Widya

VIVA – Motor matik menjadi primadona di Indonesia, namun untuk kelas 150cc ke atas hanya ada dua nama yang menguasai pasar, yaitu Yamaha NMAX 155, dan Honda PCX 160. Keduanya suah diproduksi di dalam negeri.

Daftar Lengkap Harga Yamaha Nmax Turbo dan Pilihan Warnanya

Sekilas soal sejarahnya, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing sebagai produsen pertama kali merilis Yamaha NMAX pada 2015, dan langsung membius masyarakat, hingga menjadi tulang punggung penjualan.

Honda PCX series

Photo :
  • Autoby
Yamaha NMax Turbo Hadir dengan Desain dan Mesin Baru, Ini Spesifikasi Lengkapnya

Motor matik yang masuk dalam keluarga maxi itu secara penjualan terus meroket, tanpa ada pesaing di awal kemunculannya. Mengingat saat itu Honda PCX yang dibawa utuh dari Thailand sejak 2010 sudah tidak dijual.

Namun melihat pencapaian rivalnya menjanjikan, PT Astra Honda Motor kembali merilis matik gambotnya pada 2018. All New PCX 150 dengan sejumlah perubahan besar, dan langsung diproduksi di Karawang, Jawa Barat.

Pertama di Dunia, Yamaha NMax Turbo Resmi Meluncur di Indonesia dengan Harga Mulai Rp 32 Jutaan

Motor matik buatan brand berlogo sayap mengepak itu mendapatkan perubahan total dari versi CBU Thailand yang saat itu ada pilihan mesin 125cc, dan 150cc. Desainnya lebih moderen, dan fiturnya lebih lengkap dari NMAX.

PCX 150 disematkan kunci pintar, odometer digital, dilengkapi soket untuk pengisian baterai smartphone, dan lampu utama yang sudah LED. 

Tidak mau tersaingi, Yamaha akhirnya meluncurkan generasi terbaru NMAX pada 2019 dengan mesin lebih bertenaga, dan fitur lebih canggih. Selain kunci pintar, motor dapat terhubung dengan smartphone melalui Y-Connect.

Memasuki 2021, PCX 160 hadir yang secara kapasitas mesin lebih besar, desainnya juga berbeda dari versi sebelumnya. Uniknya meski populasi kedua motor itu sudah banyak, tapi tidak semua pemilik tahu arti namanya.

“Saya enggak tahu artinya apa, kan ini motor saya beli buat sehari-hari saja, enggak suka modifikasi juga jadi cuma sekadar pakai,” ujar Eki salah satu pemilik PCX 150 lansiran 2020, kepada Viva Otomotif, Sabtu 18 Mei 2024.

Hal serupa disampaikan Adam pemilik Yamaha NMAX 155 buatan 2021. Dia bahkan baru tahu kalau setiap motor ternyata namanya punya filosofi, atau arti masing-masing, salah satunya motor yang dia gunakan.

Merangkum dari berbagai sumber, PCX terdiri dari tiga huruf, yaitu Personal, Comfort dan Xaloon. Secara garis besar maknanya mengimplementasikan kenyamanan motor, baik saat berkendaran sendiri atau berboncengan.

Xaloon yang dimaksud mengejewantahkan kemewahan dari sebuah produk, seperti mobil sedan yang biasa menggunakan kata saloon. Namun dalam Bahasa Inggris artinya bar, atau tempat nongkrong untuk bersantai.

Kemudian NMAX ada 4 filosofi, penambahan huruf N di depan Max berarti New Max Design, New Balance, Nimble Manuver, dan Neat Performance. Sedangkan Max adalah penamaaan produk mereka di kelas maxi skuter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya