Yamaha Nmax Turbo yang Meluncur Besok Pakai Mesin Baru Milik Lexi LX 155?

Mesin Yamaha Lexi LX 155
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad Indra Nugraha

Jakarta, 11 Juni 2024 –  Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dipastikan akan meluncurkan Yamaha Nmax terbaru pada Rabu 12 Juni 2024. Nmax baru itu mendapat penyegaran serta embel-embel Turbo, yang mengarah ke performa mesin.

Isuzu MU-X Facelift Tampil di GIIAS 2024, Apa yang Berubah?

Yamaha menekankan kata TURBO buat produk baru. Kemungkinan, hanya menambah power assist guna meningkatkan akselerasi awal. Penggunaan enjin diyakini tetap sama berkubikasi 155 cc. 

Ada kemungkinan jika Nmax Turbo memakai mesin dari Yamaha Lexi LX 155 terbaru. Seperti diketahui, Yamaha Lexi mengandalkan mesin Blue Core 155cc generasi terbaru yang menghasilkan tenaga maksimum sebesar 11.3 kW/8000 rpm dan torsi maksimum sebesar 14.2 Nm/6500 rpm.

Fungsi Oli Mesin Tidak Sekadar Melumasi

Kisi-kisi motor baru Yamaha yang bakal meluncur pekan depan

Photo :
  • Yamaha Indonesia

Selain itu, mesin LEXi LX 155 juga telah berteknologi VVA (Variable Valve Actuation), SOHC, 4 valve dan liquid cooled. Mesin baru ini fokusnya meningkatkan efisiensi penggunaan BBM dan mereduksi gesekan di dalam mesin.

Kementerian ESDM Uji Coba B40 untuk Kereta Api Selama 1.200 Jam

Yamaha juga melakukan ubahan selanjutnya pada crankshaft atau krukasnya menjadi lebih pendek untuk mengurangi bobot. "Ketiga untuk perpindahan putaran dari cranksaft ke camsaft atau pergerakan katup itu kita ubah di camsaft atau tepatnya pada dudukan sproket-nya," ujarnya.

Sedangkan untuk ubahan keempat, untuk perputaran itu butuh rantai keteng dan untuk membuatnya stabil pihak Yamaha menerapkan juga hidrolik tensioner yang menggunakan oli untuk tekanannya.

"Lalu kelima dari segi silinder bodinya juga lebih minim gesekan, karena ada proses penghalusan pada dinding silinder. Jadi secara otomatis akan lebih minim gesekan," tambah Ferry.

Kemudian hasil dari ubahan tadi yang minim gesekan berimbas pada torsi yang meningkat 0,3 Nm. Namun dari keluaran torsi tersebut, bahkan lebih besar dari NMax dan Aerox.

"Namun dari torsi yang lebih besar itu bahkan lebih besar dari NMax dan Aerox, kita sesuaikan lagi agar lebih smooth, jadi komponen gearbox-nya juga kita koreksi agar keluaran torsinya bisa lebih halus," ujar Ferry Nurul Fajar, dari bagian Service Education, PT YIMM, saat test ride Lexi di Bandung, Februari lalu.

Diduga Yamaha NMAX Turbo

Photo :
  • Istimewa

Namun, belum diketahui perbedaan apa yang nantinya akan terdapat pada mesin NMax Turbo. Sebab sesuai namanya, Yamaha menjanjikan tenaga lebih dengan penggunaan nama Turbo.

Jika soal penampilan, Nmax baru ini tampil lebih sporty dengan bodi yang lebih ramping. Kemudian lampu belakang yang menyusut dari generasi sebelumnya, tampilan depannya pun diprediksi mirip Yamaha Xmax.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya