Operasi Zebra Digelar, Ini Tanggal dan Pelanggaran yang Diincar

Operasi Zebra di Jakarta Timur
Operasi Zebra di Jakarta Timur
Sumber :
  • VIVA / Kenny Putra (Jakarta)

VIVA Otomotif – Operasi Zebra 2022 akan kembali digelar oleh pihak kepolisian lalu lintas di Indonesia, hanya bedanya Operasi Zebra 2022 ini tak ada tilang manual, karena semuanya akan menggunakan sistem tilang elektronik.

Rencananya, Operasi Zebra 2022 akan sigelar di seluruh Indonesia selama 14 hari, mulai dari tanggal 3 Oktober 2022 sampai 16 Oktober 2022. Operasi Zebra 2022 nanti mengusung tema 'Tertib berlalu lintas guna mewujudkan kamseltibcarlantas yang presisi'.

Adapun mekanisme penindakan pada Operasi Zebra 2022 dilakukan tidak dengan tilang manual, akan tetapi mengandalkan ETLE yang telah terpasang di sejumlah wilayah di Indonesia.

"Operasi Zebra tahun ini dilarang melaksanakan penilangan secara manual, seluruh penilangan dilaksanakan dengan sistem ETLE statis maupun mobile dan dengan teguran simpatik," ungkap AKBP Agung Nugroho, Kasubbag Ren Ops Bagops Korlantas Polri, dikutip dari laman resmi Korlantas Polri.

Agung berpesan kepada petugas di lapangan agar bekerja sesuai dengan arahan Kakorlantas Polri untuk bekerja mengedepankan penindakan yang bersifat simpatik dan humanis kepada para pengguna jalan. Selain itu, juga diisi dengan kegiatan edukasi yang dalam hal ini sesuai tema operasi mewujudkan Kamseltibcarlantas.

"Dalam pelaksanaan Operasi Zebra 2022, nantinya diharapkan dilakukan dengan sebaik-baiknya, berikan tindakan yang simpatik, melayani masyarakat, membantu masyarakat," pesan Agung.

Masyarakat khususnya pengguna jalan diharapkan agar patuh terhadap aturan lalu lintas dan rambu-rambu yang berlaku, mengingat ETLE telah berlaku di seluruh Indonesia.