Segini Harga Bus Listrik Terbaru di RI

VIVA Otomotif: Kendaraan bus listrik terbaru
Sumber :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif – Saat ini kendaraan di Indonesia mulai beralih mesin yang tadinya konvensional menjadi listrik, termasuk kendaraan transportasi yakni bus. Pernyataan tersebut tertuang di Perpres No. 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (BEV) untuk transportasi jalan.

Langkah MRT Jakarta Atasi Sistem Pembayaran yang Buat Antrean Panjang

Masih dalam proses peralihan, ada sebuah pameran bernama Busworld 2022 yang baru saja dibuka berlokasi di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Acara tersebut menghadirkan berbagai line-up bus listrik full baterai yang tentunya ramah lingkungan bagi mobilitas masyarakat.

Salah satu karoseri lokal yang memeriahkan pameran tersebut adalah Golden Dragon. Mereka memperkenalkan dua merek bus yang masing-masing ditenagai EV (Electric Vehicle) kepada pengunjung. Kedua kendaraan tersebut memiliki ukuran berbeda-beda yakni 6 meter hingga 12 meter.

Kereta Tanpa Rel dan Taksi Terbang Bakal Diuji Coba di IKN Juli Tahun Ini

Kendaraan bus kota listrik terbaru

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

Bussiness Development Golden Dragon, Monita Hou mengatakan bahwa kendaraan yang dijual sudah ditenagai full listrik. Hal itu itu dilakukan untuk mengurangi gas emisi buang dan mendukung percepatan mobilitas transportasi yang ada di Tanah Air.

Longsor di Enrekang Putuskan Akses Transportasi Tiga Kabupaten, Menurut BPBD

"Kami memperkenalkan kedua model ini yang sudah bermesin listrik di pasar Indonesia. Para pengunjung pameran bisa merasakan interior dari bus listrik ini terkait kenyamanan dan fasilitas yang diberikan," ujar Monita kepada VIVA, Rabu 5 Oktober 2022.

Secara spesifikasi, bus listrik berukuran 6 meter ini memiliki dimensi panjang 6.045 mm, lebar 2.020 mm, dan tinggi 2.775 mm. Mesin yang digunakan merupakan permanent magnet synchronous yang bisa menempuh jarak hingga 122 km. Ditambah, kendaraan besar ini mampu menampung penumpang hingga 24 orang.

Sementara itu, untuk varian 12 meter ini memiliki kapasitas 59 orang yang di dalamnya terdapat konsep low floor atau lantai rendah, sehingga memudahkan akses penumpang, termasuk akses untuk para penyandang disabilitas.

Sebagai kendaraan listrik, bus 12 meter ini ini menggunakan teknologi Prestolite yang mampu menempuh jarak hingga 250 km dalam sekali pengisian daya. Untuk sistem pengecasan-nya, dari 20 persen sampai 100 persen, hanya butuh waktu 60 menit atau satu jam saja.

Bicara soal harga, Golden Dragon memberitahu bahwa untuk satu unit harga dari bus listrik pada varian 6 meter dibanderol mulai Rp2 miliar, sementara untuk varian 12 meter ditawarkan Rp5,2 miliar. Para calon konsumen bisa melakukan costum atau perubahan bagian interior sesuai kebutuhannya dengan penambahan harga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya