Begini Proses Persiapan Tim Indonesia di Shell Eco-Marathon 2022

Persiapan tim Malam Diwa Urban di kompetisi Shell Eco-Marathon 2022
Sumber :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif – Shell Eco-Marathon merupakan kompetisi untuk berinovasi, merancang dan membangun kendaraan yang paling hemat energi. Ajang ini diikuti oleh mahasiswa perguruan tinggi di berbagai negara di dunia. 

Tim Saber Pungli Depok Beraksi, Amankan 4 Orang dari Terminal Depok

Ada sebanyak 33 tim asal Indonesia yang dihuni oleh para mahasiswa dari berbagai universitas mengikuti kompetisi ini. Mereka akan melawan tim lain yang berasal dari berbagai negara di Asia seperti India, Kazakhstan, Korea Selatan, Malaysia, Nepal, Filipina, Singapura, dan Vietnam.

Diketahui, kegiatan tersebut di selenggarakan Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Melalui undangan media yang diterima oleh VIVA dalam mengikuti kegiatan ini, terlihat sudah banyak para peserta melakukan serangkaian tes dalam kendaraan yang dibuat.

Motor Delapan Silinder Asal China Siap Meluncur

Pengujian kendaraan di kompetisi Shell Eco-Marathon 2022

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

Salah Satu Volunteer Acara Ini, Tanju mengatakan saat ini para tim sedang mengerjakan dan membuat kendaraan untuk menciptakan perjalanan terjauh menggunakan bahan bakar paling sedikit.

Ian Wright Sebut 2 Pemain Ini Dibutuhkan Arsenal untuk Taklukkan Bayern Munich, Siapa Mereka?

"Jadi saat ini mereka sedang mulai mengerjakan baik dari persiapan maupun merangkai mesin yang digunakan, ada 49 tim yang mengikuti kegiatan ini dan didominasi oleh Universitas di Indonesia," ujar Tanju saat menjelaskan per-tim yang mengikuti kompetisi ini di lokasi.

Dia menambahkan bahwa 48 tim tersebut dibagi kembali menggunakan bahan masing-masing seperti ada 22 tim menggunakan ICE, ada 6 tim menggunakan jenis Hidrogen, dan 21 tim menggunakan Battery Electric.

"Selain itu, mereka juga sedang melakukan uji coba langsung di Sirkuit ini, tidak ada batasan sesuai kebutuhan mereka saja. Untuk waktu operasional pengerjaan mereka dimulai dari jam 08.00 WITA hingga 17.00 WITA," tambahnya.

Perlu diketahui, kegiatan ini memiliki dua kategori Prototype dan UrbanConcept. Dalam kompetisi ini mempunyai nilai seperti bekerja mengikuti aturan yang berlaku, tim peserta akan mempertimbangkan ukuran dan berat, dan membuat kendaraan efisien dan aerodinamis.

Sebagai tambahan informasi, semua tim yang mengikuti Shell Eco-Marathon 2022 ini akan dimulai perlombaanya pada hari esok, Jum'at 14 Oktober 2022, dan akan diumumkan pada hari Sabtu 15 Oktober 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya