Volume Kendaraan Meningkat, Masyarakat Kembali Padati Jabodetabek

Dokumen - Arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek.
Sumber :
  • ANTARA/Ali Khumaini

VIVA Otomotif – Menjelang pergantian tahun baru dari 2022 ke 2023, banyak masyarakat mulai kembali ke wilayah Jabodetabek. Pasalnya, beberapa dari mereka telah melakukan perjalanan lintas kota untuk liburan maupun bertemu sanak saudara.

Sering Diabaikan, Ini Pentingnya Makanan Berserat

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 647.897 kendaraan kembali ke wilayah Jabotabek, dikutip VIVA Jum'at 30 Desember 2022. Volume tersebut mengalami kenaikan sebesar 14,29 persen jika dibandingkan periode Juni 2022.

Sementara jika dibandingkan tahun lalu dengan periode yang sama mengalami peningkatan sebesar 14,21 persen dengan total 567.295 kendaraan. Hal itu membuktikan banyak masyarakat di tahun ini sudah mulai kembali aktivitas lintas kota, pasca pandemi Covid-19.

Kymco Perluas Jaringan Penukaran Baterai Motor Listrik

Kondisi arus kendaraan di Tol Tangerang-Merak

Photo :
  • Istimewa

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (dari arah Merak), GT Ciawi (dari arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (dari arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (dari arah Bandung).

Senang Kendaraan Listrik Makin Menjamur, Jokowi Sebut Pabrik Baterai Beroperasi Bulan Depan

Dalam data Jasa Marga, distribusi lalu lintas kembali ke wilayah Jabotabek dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 314.687 kendaraan (48,6 persen) dari arah Timur. Selanjutnya, 184.252 kendaraan (28,4 persen) dari arah Barat (Merak), dan 148.958 kendaraan (23,0 persen) dari arah Selatan (Puncak).

Dalam salah satu rincian tersebut yang terbanyak misalnya dari arah timur. para pengendara melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dengan jumlah 160.995 kendaraan, meningkat sebesar 36,73 persen.

Sementara itu, dari arag GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang, dengan jumlah 153.692 kendaraan, meningkat sebesar 18,82 persen dengan lalu lintas normal. Apabila diakumulasi keduanya mendapatkan sebanyak 314.687 kendaraan, dan meningkat sebesar 48,6 persen.

Sekadar informasi, Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan khususnya tol untuk pastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya