Ahli Beberkan Cara Ampuh Kurangi Kemacetan Jakarta

transjakarta
transjakarta
Sumber :
  • ANTARA/Lia Wanadriani Santosa

VIVA Otomotif – Jakarta setiap hari dipenuhi oleh pemandangan macet, baik saat pagi maupun sore hari. Data dari Bank Dunia menyebutkan, ada kerugian sebesar puluhan triliun rupiah setiap tahun akibat hal itu.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dahulu pernah menerapkan sistem 3 in 1, namun cara itu dianggap kurang ideal mengatasi macet karena masih bisa diakali oleh para pengguna kendaraan pribadi.

Kemudian diterapkan sistem pengendalian lalu lintas berbasis ganjil genap, yang hasilnya cukup bisa mengurangi kepadatan lalu lintas meski tidak maksimal.

Saat ini Pemprov DKI dikabarkan sedang menyiapkan sistem pengendalian lalu lintas secara elektronik, atau yang lebih dikenal dengan nama Electronic Road Pricing alias ERP.

Dari draf Rancangan Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta tentang Pengendalian Lalu Lintas Secara Elektronik yang diterima VIVA, dikutip Rabu 11 Januari 2023, diketahui bahwa ada 25 titik yang nantinya bakal dijadikan sebagai jalan berbayar.

Waktu penerapan ERP yaitu setiap hari, mulai pukul 05.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB. Aturan ini nantinya berlaku untuk semua jenis kendaraan bermotor pribadi, baik mobil maupun sepeda motor.

Electronic Road Pricing

Electronic Road Pricing

Photo :
  • mhi.co.jp
Halaman Selanjutnya
img_title