Jalan Berbayar Alias ERP Dianggap Hanya Memindahkan Macet

Electronic Road Pricing
Electronic Road Pricing
Sumber :
  • mhi.co.jp

VIVA Otomotif – Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Muhammad Iqbal meminta rencana pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk memberlakukan jalan berbayar elektronik atau electronic road pricing (ERP) dikaji ulang.

"Rencana ERP itu sebaiknya dikaji ulang. Terlebih, transportasi publik di wilayah Jakarta dan sekitarnya tidak merata," kata Muhammad Iqbal di Jakarta, dikutip Senin 23 Januari 2023.

Menurut dia cakupan layanan transportasi publik bagi warga Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek) menuju Jakarta masih perlu diperbanyak. Hal itu utamanya bagi pekerja di Jakarta.

Gate Electronic Road Pricing (ERP) di Jalan Sudirman, Jakarta,

Gate Electronic Road Pricing (ERP) di Jalan Sudirman, Jakarta,

Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

"Perlu keseriusan lebih melakukan pembenahan transportasi publik. Pemerintah pusat dan pemerintah daerah di Jabodetabek perlu bekerja sama memikirkan masalah ini," kata dia.

Diketahui melalui ERP, kendaraan yang melintas di beberapa ruas jalan pada waktu tertentu akan dipungut biaya berkisar Rp5.000 sampai Rp19.900. Hal tersebut juga akan berlaku untuk pengendara sepeda motor.

"Kondisi ekonomi masyarakat saat ini belum sepenuhnya pulih setelah pandemi COVID-19. Retribusi ini bisa memberatkan mereka, apalagi ojol," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title