Pertamina Lirik Bisnis Pembuatan Baterai Kendaraan Listrik

Pertamina.
Pertamina.
Sumber :

VIVA Otomotif – Indonesia menjadi salah satu dari sedikit negara, yang memiliki cadangan sumber daya alam nikel terbesar di dunia. Bahan alam tersebut saat ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan otomotif, untuk dijadikan sebagai bahan baku pembuatan baterai.

PT Pertamina (Persero) mengaku tertarik untuk mengoptimalkan sumber daya alam itu, demi mengembangkan ekosistem baterai kendaraan listrik di Tanah Air.

“Kami yakin dengan cadangan nikel di Indonesia, kami bisa memproduksi baterai dan meningkatkan penetrasi EV,” ujar Direktur Umum Pertamina, Nicke Widyawati melalui keterangan resmi, dikutip Selasa 24 Januari 2023.

Menurut Nicke, Pertamina memiliki infrastruktur yang bisa dioptimalkan untuk penetrasi kendaraan listrik atau electric vehicle, serta memiliki data segmentasi karakteristik, mobilitas dan kemampuan membeli.

Selain itu, perusahaan pelat merah itu juga siap berkolaborasi dengan pihak lain dari berbagai negara, untuk mengembangkan baterai EV dan mengoptimalkan infrastruktur yang dimiliki.

Komitmen ini sejalan dengan rekomendasi yang diajukan oleh Gugus Tugas Energi, Keberlanjutan dan Iklim B20, yang salah satunya mengajukan rekomendasi kebijakan untuk mempercepat pengembangan ekosistem EV.

“Kami mengusulkan beberapa rekomendasi kebijakan dan aksi kebijakan, terutama bagaimana mempercepat penetrasi EV di setiap negara,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title