Keselamatan Berkendara dari Hino untuk Indonesia

Hino luncurkan truk dan bus berstandar emisi Euro 4
Sumber :
  • Dok: HMSI

VIVA Otomotif – Pada tahun lalu, PT Hino Motor Sales Indonesia genap merayakan 40 tahun kiprah mereka di Indonesia. Semua berawal 55 tahun lalu, ketika Jepang mengirim bantuan kepada Indonesia berupa 150 unit Hino Bus BT51.

Tekan Emisi Karbon, Kementerian Investasi dan VKTR Hibahkan 3 Bus Listrik ke UGM

Baru pada 1982, didirikan PT Hino Indonesia Manufacturing yang menjadi awal catatan sejarah 40 tahun Hino Indonesia. Mesin H07C-D4 menjadi hasil produksi pertama mereka di 1985, menyusul Hino Bus AK bermesin depan yang  menjadi penguasa di kategorinya pada tahun berikutnya.

Cerita awal si Kepala Hijau dimulai pada 1989, ketika Hino truk FF172/173MA sebagai model truk pertama di Indonesia yang memakai warna kabin Indonesia Green dan terus melekat pada perusahaan asal Jepang tersebut hingga saat ini.

Video Truk Pengakut Motor-motor Baru Terguling, Beat dan Vario Hancur Terlempar

Hino luncurkan truk dan bus berstandar emisi Euro 4

Photo :
  • Dok: HMSI

Selama puluhan tahun, Hino Indonesia terus mengedepankan soal keselamatan berkendara di jalan raya. Mereka bahkan mendirikan pusat pelatihan yang diberi nama Hino Total Support Customer Center atau HTSCC, di Purwakarta, Jawa Barat.

Truk Tangki Pertamina Tabrak Motor di Bojonegoro, Satu Keluarga Tewas

Pada area yang menempati lahan seluas 2,4 hektare tersebut, tersedia beragam fasilitas pelatihan untuk pengemudi seperti blind spot test area, stop and go, hairpin turn, parking reverse, hingga safety brake.

Hino Total Support Customer Center

Photo :

Fasilitas yang diresmikan pada tahun lalu itu menjadikan Hino sebagai satu-satunya merek kendaraan komersial di Tanah Air, yang punya pusat pelatihan berkendara berbentuk sirkuit.

HMSI juga aktif mengadakan kegiatan bersama pemerintah dan para pemangku kepentingan lain, untuk mewujudkan keselamatan berkendara di jalan raya.

Salah satu contohnya, yakni acara bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi, Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan Sumatera Utara yang membahas cara mengurangi bahaya rem blong.

Bus Hino baru bernama RM 280 ABS wide air suspension terbaru

Photo :
  • Hino Indonesia

“Kegiatan ini akan terus kami gelar, karena merupakan visi Hino Indonesia. Kami ingin mewujudkan transportasi yang aman untuk masyarakat,” ujar After Sales Service Director HMSI, Irwan Supriyono beberapa waktu lalu.

Bukan hanya soal keselamatan, Hino juga dikenal sebagai pabrikan otomotif yang memiliki produk dengan kualitas tinggi. Bahkan, beberapa Perusahaan Otobus bisa menggunakannya untuk menempuh jarak satu juta kilometer tanpa perlu overhaul.

Pelayanan Hino untuk kendaraan Euro 4

Photo :
  • Hino

“Satu juta km tanpa overhaul membuktikan bus Hino memiliki kualitas yang mumpuni, dan performa mesin yang tangguh. Tentunya ini membuat para pengusaha menjadi lebih hemat, dan menguntungkan secara bisnis,” tutur COO – Director HMSI, Santiko Wardoyo.

Kendaraan komersial Hino lainnya yang digunakan untuk membawa barang, juga memiliki banyak keunggulan dibandingkan kompetitor. Misalnya enam model Hino500 Series Ultimate Safety Model yang baru saja diluncurkan, dan sudah dibekali sistem rem ABS yang menjadi syarat untuk truk pengangkut BBM.

VIVA Otomotif: Peluncuran truk Hino500 Series Ultimate Safety Model di Jakarta

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Hino juga menjadi yang pertama di Indonesia, yang menerapkan standar emisi gas buang Euro 4 pada seluruh produknya demi membantu upaya pemerintah mengurangi emisi karbon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya