Kamera Dasbor Semakin Bertambah Fungsinya

VIVA Otomotif: Ilustrasi kamera dasbor atau dashcam
Sumber :
  • Dok: Blackvue

VIVA Otomotif – Kamera dasbor atau juga dikenal sebagai dashcam, adalah perangkat yang dirancang khusus untuk merekam aktivitas di sekitar kendaraan.

Toyota Luncurkan Innova Baru Berpenggerak Roda Belakang

Biasanya kamera dasbor dipasang di dalam mobil, di dekat kaca depan atau pada dasbor kendaraan, dan dapat merekam gambar dan suara serta berfungsi saat kendaraan sedang bergerak maupun ketika diparkir.

Kamera dasbor adalah perangkat yang sangat populer dan banyak digunakan oleh pengemudi di seluruh dunia. Ada banyak alasan mengapa orang menggunakan peranti itu, seperti melacak kejadian buruk di jalan dan merekam petualangan.

Daftar Mobil yang Cocok Buat Taksi Online, Segini Cicilan Per Bulannya

Namun kini fungsi kamera dasbor semakin luas lagi, seperti yang ditawarkan oleh Blackvue di mana mereka menyediakan aplikasi Blackvue Live yang bisa digunakan oleh pemilik untuk mengakses media sosial.

Ilustrasi kamera dasbor atau dashcam.

Photo :
  • Dok: Blackvue
Gaikindo Ungkap Alasan Penjualan di Industri Otomotif Merosot

Para pengguna di seluruh dunia bisa membagikan video dashcam mereka, dan dapat dilihat oleh siapa saja. Jika video tersebut menarik akan mendapatkan penonton dan like, seperti layaknya aplikasi sosial media yang lain.

Uniknya, aplikasi tersebut akan memberikan laporan hal-hal yang terjadi secara global di jalanan seluruh dunia, misalnya berapa banyak mobil yang melakukan rem mendadak di suatu negara.

Terdapat juga fungsi Event Map, di mana Blackvue akan secara otomatis membagikan berbagai kejadian di jalanan dan dapat langsung dilihat oleh semua orang melalui aplikasi tersebut.

Aplikasi tersebut diperkenalkan secara resmi di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2023, yang saat ini sedang digelar di JCC Senayan, Jakarta.

Blackvue juga meluncurkan produk kamera dasbor baru, yakni DR770X-2CH LTE yang punya fitur built-in koneksi simcard, Blackvue Liveview untuk melihat mobil secara langsung di manapun pemilik berada, serta Parking Mode dengan fungsi alarm darurat.

Alat ini juga disematkan sistem navigasi GPS dan Glonass, sehingga bisa digunakan untuk melacak posisi kendaraan. Harga per unitnya yaitu Rp8,99 juta.

“Blackvue bukan sekadar dashcam dan alat keamanan untuk mobil, tapi merupakan gaya hidup,” ujar Direktur Marketing Blackvue Indonesia, Rudy melalui keterangan resmi, dikutip Rabu 15 Maret 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya