7 Tanjakan Ekstrem di Indonesia yang Menantang Adrenalin

VIVA Otomotif: Ilustrasi tanjakan
Sumber :
  • ADM

Jakarta– Indonesia merupakan negara dengan beragam keindahan alam, termasuk dalam hal medan jalan yang menantang.

Misteri Prabu Jayabaya yang Belum Terpecahkan, Dipercaya Sebagai Jelmaan Dewa

Ketika melakukan perjalanan di beberapa wilayah di tanah ar, dibutuhkan keterampilan mengemudi yang mumpuni karena terdapat tanjakan atau turunan yang curam.

Berikut ini ada tujuh tanjakan ekstrem di Indonesia yang akan menguji keberanian dan adrenalin, dikutip VIVA Otomotif dari laman Daihatsu Indonesia, Selasa 4 Juli 2023:

Mengulik Rahasia Terlarang Ramalan Jayabaya: Bencana hingga Pemimpin

1. Tanjakan Alas Roban, Jawa Tengah
Tanjakan Alas Roban terletak di daerah Batang, Jawa Tengah. Tanjakan ini dikenal sangat berbahaya karena jalur yang berkelok-kelok dan dikelilingi oleh pepohonan rimbun. Di malam hari, tanjakan ini menjadi tantangan ekstra karena minimnya penerangan.

2. Tanjakan Baturaden, Jawa Tengah
Tanjakan Baturaden berada di bawah kaki Gunung Slamet, Jawa Tengah. Dengan kemiringan hingga 30 derajat, tanjakan ini telah menjadi saksi banyak kecelakaan. Masyarakat setempat bahkan menganggapnya sebagai tempat yang angker.

7 Negara Paling Beragam di Asia, Indonesia Nomor Segini

3. Tanjakan Emen, Jawa Barat
Tanjakan Emen terkenal sebagai salah satu tanjakan ekstrem di Jawa Barat. Setiap tahun, tanjakan ini menyebabkan banyak kecelakaan. Kemiringannya yang curam menuntut kondisi tubuh dan kendaraan yang prima. Selain itu, minimnya pencahayaan di tanjakan ini membutuhkan lampu cadangan saat melewatinya.

4. Tanjakan Sitinjau Laut, Sumatera Barat
Tanjakan Sitinjau Laut di daerah Padang, Sumatera Barat, menawarkan tantangan ekstrem dengan kemiringan hingga 45 derajat. Melewati tanjakan ini membutuhkan kemampuan mengemudi yang handal. Selain itu, kendaraan berat yang sering melewati tanjakan ini sering mengalami kecelakaan.

5. Kelok Ampek Puluh Ampek, Sumatera Barat
Kelok Ampek Puluh Ampek, atau dikenal juga sebagai Kelok 44, merupakan tanjakan paling berbahaya di Indonesia. Jalan yang terletak antara wilayah Maninjau dan Bukittinggi ini memiliki medan yang sangat curam. Pengemudi harus berhati-hati dan menguasai kendaraannya saat melewati kelokan tajam.

6. Tanjakan Cino Mati, Yogyakarta
Tanjakan Cino Mati di Bantul, Yogyakarta, memiliki kemiringan hingga 45 derajat. Setiap harinya, banyak korban kecelakaan terjadi di tanjakan ini. Melewatinya membutuhkan konsentrasi dan keahlian mengemudi yang baik.

7. Tanjakan Gombel, Jawa Tengah Semarang
Tanjakan Gombel di Semarang adalah tantangan ekstrem terakhir. Jalur yang berkelok-kelok dan curam menjadikannya sangat menegangkan. Selain itu, kawasan ini rawan longsor, meningkatkan risiko bagi para pengemudi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya