Mengenang Soebronto Laras, Bapak Suzuki Carry Indonesia

VIVA Otomotif: Presiden Komisaris Indomobil, Soebronto Laras
Sumber :
  • Dok: SIS

Jakarta – Berita duka menyelimuti Indonesia, salah satu tokoh di bidang industri otomotif dan juga dunia balap yakni Soebronto Laras dikabarkan tutup usia pada Rabu malam 20 September 2023.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Pria yang menjabat sebagai Presiden Komisaris PT Indomobil Sukses Internasional itu sebelumnya sempat dirawat di Rumah Sakit Medistra Jakarta, sebelum akhirnya mengembuskan napas terakhir sekitar pukul 20.00 WIB.

"Iya.. Pak Soebronto meninggal pada pukul 8 Malam di Rumah Sakit Medistra," ujar Marketing and Business Strategy Director PT Suzuki Indomobil Sales, Harold Donnel kepada VIVA Otomotif, Rabu 20 September 2023.

Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

Dunia otomotif nasional sangat kehilangan pendiri dari Indomobil Group itu, karena jasanya yang begitu banyak dalam memajukan usaha kendaraan dan juga lingkup balap.

Soebronto Laras lahir di Jakarta pada 6 Oktober 1943, ia merupakan anak kedua dari R Moerdono. Sejak kecil, dirinya sudah tertarik pada dunia otomotif.

Bukan Jakarta, Ini Kota Pertama yang Mulai Jadikan Suzuki Carry Sebagai Mobil Angkot

VIVA Otomotif: Presiden Komisaris Indomobil, Soebronto Laras (tengah)

Photo :
  • Dok: SIS

Pria yang akrab dengan banyak tokoh seperti Tinton Soeprapto dan Benny Moerdani itu pernah bercerita, bahwa dirinya harus berjuang keras membuka jalan agar Suzuki Carry bisa dipasarkan di Tanah Air.

“Suzuki di Indonesia itu mulainya dari Carry. Dulu itu namanya ST20, mobil pikap mesinnya dua tak 550cc. Saya jualnya ke Sulawesi Utara, ke petani cengkeh, bawa 10 unit,” ujarnya, dikutip VIVA Otomotif Rabu 20 September 2023.

Menurut Soebronto Laras, kunci sukses dari Suzuki Carry adalah konsepnya. Berbeda dengan mobil penumpang zaman dulu, Carry dirancang khusus hanya untuk pasar Indonesia.

“Di Jepang adanya ST10, mesin 400cc. Saya minta mesin untuk pasar Indonesia beda, harus lebih besar. Akhirnya, jadi ST20,” jelasnya.

Suzuki Carry

Photo :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati

Meski sempat terpuruk saat krisis ekonomi, namun berkat perjuangannya Suzuki dan beberapa merek otomotif lain bisa terus berkibar di Indonesia sampai saat ini.

Mendiang semasa hidupnya juga selalu menyempatkan diri untuk datang ke acara peluncuran produk baru Suzuki, baik mobil maupun sepeda motor.

Selamat jalan Pak Bronto!

VIVA Otomotif: Presiden Komisaris Indomobil, Soebronto Laras (kanan)

Photo :
  • Dok: SIS
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya