Besarnya Jasa Soebronto Laras pada Suzuki Indonesia

Pemakaman Soebranto Laras
Sumber :
  • Arianti Widya

Jakarta – Kabar duka datang dari Pendiri Indomobil Group, Soebronto Laras menghembuskan nafas terakhirnya tadi malam, 20 September 2023 pukul 20.00 WIB. Beliau meninggal di usia 79 tahun.

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Suasana haru mengiringi pemakaman Soebronto yang berlokasi di TPU Karet, Jakarta Pusat. Berdasarkan pantauan VIVA Otomotif, jenazah Soebronto tiba di pemakaman sekitar pukul 12.30 WIB dan disambut oleh para rekan dan kerabat yang sudah tiba di lokasi terlebih dahulu.

Shingo Sezaki selaku Presiden Direktur Suzuki di pemakaman Soebranto Laras

Photo :
  • Arianti Widya
Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Pada proses pemakaman tersebut, terlihat Presiden Direktur Suzuki Indonesia, Shingo Sezaki menyampaikan kenangannya dengan Soebranto.

"Saya masuk ke Suzuki pada tahun 1986, tidak langsung berhubungan dengan Indonesia. Tapi saya tahu, Soebronto adalah nama yang sangat terkenal di seluruh affiliate Suzuki di dunia," ujar Shingo Sezaki, diterjemahkan oleh pihaknya, di TPU Karet, Jakarta Pusat, dikutip VIVA Otomotif pada Rabu, 20 September 2023.

Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

"Saat saya berada di Indonesia, saya dan Soebronto selalu menyempatkan untuk makan siang, makan malam, berbicara terkait kelanjutan Suzuki, karena Almarhum menyukai dan mencintai Suzuki, supaya ini tetap ada di Indonesia," lanjutnya.

Pemakaman Soebranto Laras

Photo :
  • Arianti Widya

Shingo pun mengungkapkan jasa-jasa yang telah dilakukan oleh Soebronto terhadap Suzuki di Indonesia.

"Prestasi Suzuki saat ini sudah mencapai 50 tahun, dan itu semua berasal dari perjuangan Almarhum Soebronto untuk memulai berhubungan dengan diler tersebut," tuturnya.

"Dan berkat segala usaha dan jasa dari Almarhum, tahun ini Suzuki telah mencapai penjualan produksi tiga juta unit kendaraan. Jika tiga kendaraan tersebut dijejerkan, mungkin seperti deretan mobil dari Jakarta hingga London," lanjut Shingo.

Shingo mengatakan, ini merupakan hal yang luar biasa dari kerja sama bersama. Ia pun mengucapkan turut berduka cinta untuk keluarga yang ditinggalkan.

Dalam kesempatan yang sama, Harry Rubianto Laras selaku anak kedua dari Soebronto mengungkapkan bahwa Ayah nya merupakan seseorang yang baik walaupun sibuk karena pekerjaan yang dilakoni. 

"Beliau Bapak yang baik, meskipun sibuk banget. Bayangkan, dari umur 29 tahun memimpin Suzuki hingga terakhir kemarin. Bapak meninggal saat sedang istirahat, kalau Bapak sehat mungkin masih di kantor hari ini," ujar Harry. 

Harry mengungkapkan bahwa ada cita-cita Ayah nya yang belum tercapai, "Bapak ingin membawa Suzuki menjadi merek terbaik sepanjang masa, yang tentunya ini tidak mudah,"

Untuk informasi, Soebronto lahir pada 5 Oktober 1943, identik dengan industri otomotif Indonesia.Sejak lahir, Soebronto sangat tertarik dengan kegiatan bengkel hingga membuat dirinya menjabat sebagai Direktur Utama PT Indohero Steel & Engineering CO, dan PT Indo Mobil Utama sebagai perakit motor dan mobil Suzuki. 

Lebih lanjut, terlihat kehadiran dari para internal pihak Suzuki seperti Donny Saputra selaku 4W Marketing Director Suzuki Indomobil Sales (SIS) dan Harrold Donnel, Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Dan, terdapat beberapa artis yang datang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya